Tanaman Kencur

Tanaman Kencur

Bagi Anda yang suka minum jamu tentu sudah tidak asing dengan tanaman kencur. Tanaman yang satu ini jika dilihat sekilas memang mirip dengan jahe dan sama-sama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Kencur (Kaempferia galanga L) adalah sebuah tanaman tropis yang banyak tumbuh di daerah Indonesia dan banyak dibudidayakan.

Banyak orang yang menggunakan kunyit ini sebagai ramuan dalam obat tradisional dan ada juga yang menggunakannya sebagai bumbu masakan.

Kencur ini mempunyai penamaan lokal yang berbeda-beda di beberapa daerah, contohnya ceuku di Aceh, cokur di Lampung, cakue di Minangkabau, cikur di Sunda, batako di manado, kencor di Madura, cakuru di Makassar, dan masih banyak penamaan lain di berbagai daerah.

Ciri-Ciri Tanaman Kencur

Supaya mudah dikenali, kencur ini tentu memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan jenis tanaman lainnya. Nah supaya Anda bisa membedakan mana kencur dan mana jahe, berikut ini adalah beberapa ciri morfologi kencur:

  • Tanaman kencur ini tidak memiliki batang, namun memiliki banyak rhizome yang bercabang dengan warna hitam ke abu-abuan. Akar tanaman ini berbentuk umbi putih kekuningan yang membulat / memanjang dan memiliki aroma yang khas.
  • Helai daun tanaman ini memiliki daging yang tersembunyi di tanah. Daun ini tumbuh mendatar di atas tanah dengan bentuk yang besar bulat dan memanjang.
  • Bunga pada tanaman ini berwarna putih dan mempunyai bau yang harus. Kencur memiliki 3 helai daun mahkota. Di bagian tangkainya, ada daun kecil dengan panjang 2-3 cm, tangkai ini memiliki cabang api yang dapat tumbuh lebih dari satu tangkai.
  • Akar pada tanaman ini tumbuh bergerombol dan mempunyai cabang dengan serabut putih yang tumbuh berdampingan dengan rhizome yang berwarna coklat keputihan. Akar tanaman kencur memiliki warna cokelat.

Kandungan Nutrisi Kencur

cara menanam kencur
taldebrooklyn.com

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh kencur selain dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Nah berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada pada kencur dan yang membuat kencur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh:

  • Protein
  • Serta
  • Mineral: kalium, magnesium, zat besi, fosfor, zinc, kalsium, dan selenium
  • Vitamin: vitamin C, vitamin K, vitamin B, dan folat.

Selain itu, kencur juga mengandung minyak esensial dan juga senyawa yang mempunyai sifat antiradang, antibakteri, antioksidan, dan anti nyeri.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kencur ini memiliki manfaat, mulai dari rimpangnya dan daunnya. Rimpang dan daun kencur bisa digunakan untuk mengatasi nyeri dan ketombe, seperti sakit gigi, sakit kepala, dan sakit perut.

Selain itu, kencur juga bisa digunakan untuk bahan campuran sampo, bedak, cuka, dan aromaterapi.

Di Indonesia, kencur sudah digunakan dari dulu sampai sekarang secara turun temurun sebagai bahan untuk membuat jamu.

Contohnya adalah jamu beras kencur, jamu tersebut terbuat dari campuran beras, asam jawa, kencur, dan gula merah.

Manfaat kencur yang lain:

1. Mencegah Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkendali karena mutasi gen.

Nah Anda bisa mencegah kanker ini dengan mengonsumsi kencur, karena menurut riset kencur memiliki senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi akan memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh.

Ini bisa meningkatkan terjadinya penyakit jantung, stroke, dan ginjal rusak. Nah, kencur inisini bisa digunakan untuk mengobati hipertensi.

3. Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Ekstrak kencur memiliki minyak esensial yang sifatnya antibakteri. Antibakteri pada kencur ini bisa membunuh kuman yang ada di gigi, kulit, gusi, dan pernapasan.

Selain itu, kencur ini bahkan dipercaya bisa membunuh kuman Mycobacterium tubercuosis penyebab penyakit TBC.

4. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kencur ini bersifat antiradang dan antinyeri. Ketika tubuh mengalami nyeri atau peradangan, Anda bisa memakai kencur ini untuk meringankan efeknya.

Dari dulu kencur ini sudah terkenal meredakan nyeri karena radang sendir, sakit gigi, dan sakit kepala.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kencur adalah tumbuhan yang memiliki antioksidan seperti flavonoid. Kandungan ini dikenal bisa menangkal kerusakan sel karena paparan radikal bebas dari polusi atau asap rokok.

Kandungan antioksidan pada kencur ini juga bisa meredakan peradangan dan dapat mencegah kanker.

6. Mengurangi Stress

Anda juga bisa mengurangi stress dengan mengonsumsi kencur batang dan daun kencur sebagai suplemen, jamu, atau aromaterapi.

Karena kencur ini dikenal dapat memberikan efek menenangkan pikiran serta meredakan rasa stres dan cemas.

Demikianlah penjelasan tentang kencur yang meliputi ciri-ciri, nutrisi yang terkandung, dan manfaat kencur untuk kesehatan tubuh.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memahami tanaman kencur.

Sekarang Anda jadi tahu bahwa kencur ini kaya akan manfaat dan sudah sejak dulu dikonsumsi oleh orang-orang untuk menyehatkan tubuh.

Anda bisa membeli kencur ini di pasar, atau Anda juga bisa mulai mencoba menanam kencur sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *