Tanaman Sayuran

Tanaman Sayuran

Selagi stay dirumah ataupun WFH, tentu Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna. Salah satunya adalah menanam tanaman sayuran di rumah.

Meski jumlahnya tak terlalu banyak, sambil Anda menyalurkan waktu menjadi lebih produktif, sayuran yang ditanam dapat dimanfaatkan menjadi berbagai masakan yang akan dapat Anda nikmati.

Nah, berikut beberapa tanaman yang bisa Anda coba tanam selagi memiliki lebih banyak waktu di rumah.

Menanam Selada

Salah satu sayur yang dapat dijadikan pilihan adalah selada. Sebagai komoditas yang banyak ditemui untuk lalapan, selada jadi primadona yang cantik untuk menghiasi rumah Anda sekaligus dapat Anda jadikan lalapan ketika makan.

cara budidaya selada

Cara menanam selada sangatlah mudah yaitu:

  • Siapkan polybag ukuran sedang
  • Beri pupuk kandang dan tanah perbandingan 1:1
  • Pertama semai benih selada pada tisu yang dibasahi selama 24 jam
  • Setelah berkecambah pindahkan ke pot atau polybag yang telah disiapkan
  • Tanam selada sirami 2 kali sehari.

Menanam selada sangatlah mudah terlebih lagi, tanaman sayur yang satu ini sangat tahan dari hama. Pilihan untuk menanam selada merupakan pilihan tepat selagi mengisi kesibukan di rumah.

Menanam Bayam

Kalau Anda kurang minat terhadap selada, maka salah satu alternatifnya adalah menanam bayam. Sayuran yang satu ini memiliki masa tanam yang relatif singkat yakni 35 hari.

budiaya bayam di rumah

Selain dapat digunakan sebagai masakan, bayam dapat Anda olah menjadi keripik bayam yang lezat.

Proses penanaman bayam sama dengan selada, mereka memerlukan penyemaian terlebih dahulu untuk hasil yang lebih maksimal. Penyiraman merupakan kunci dalam suksesnya menanam sayur sebab 80 persen dari tanaman merupakan kandungan air.

Salah satu olahan bayam yang sedang menjadi hits saat ini adalah keripik bayam. Untuk dapat dibuat keripik, memerlukan bayam dengan ukuran daun yang cukup besar.

Hal tersebut diperlukan guna menghindari keripik yang terlalu kecil serta mudah hancur.

Bayam merupakan sayuran yang amat digemari oleh ibu-ibu, sebab dapat dimasak menjadi berbagai macam menu.

Itu merupakan salah satu keuntungan dalam menanam bayam di rumah. Anda dapat memasak sayur bayam ketika waktu panen tiba.

Menanam Kangkung Hidroponik

cara budidaya kangkung hidroponik

Salah satu tanaman sayuran yang berumur pendek adalah kangkung. Selain cara menanam yang mudah, kangkung sudah menjadi favorit bagi banyak orang. Itulah yang membuat harga kangkung di pasar tetap stabil.

Apabila menanam kangkung akan lebih mudah jika menggunakan sistem hidroponik. Sistem ini menggunakan air sebagai media nutrisi dan rockwool sebagai media tanam.

Caranya sangatlah mudah, yaitu:

  • Siapkan bibit kangkung
  • Semai pada tisu yang dibasahi selama 24 jam
  • Apabila berkecambah pindahkan ke rockwool
  • Tempatkan rockwool pada netpot dalam gelas
  • Berikan pupuk Abmix sayuran agar tumbuh kembang stabil.

Dengan metode ini, kemungkinan tanaman sayur akan mendapat masa panen yang lebih cepat sekaligus hasil yang lebih baik dibandingkan cara bertani konvensional.

Menanam Daun Bawang

budidaya daun bawang

Daun yang satu ini, adalah salah satu sayuran yang paling banyak dicari di indonesia. Selain daun bawang selain dapat menjadi kondimen dalam masakan, daun bawang juga akan memberikan rasa khas yang menggugah selera.

Cara menanam daun bawang sanglah mudah, jika Anda memiliki gelas bekas air mineral, tinggal isi dengan tanah dan pupuk kandang setelah itu tancapkan sisa daun bawang yang digunakan untuk memasak.

Ingat bagian yang harus disisakan adalah bagian akar. Apabila daun bawang yang Anda beli sudah tidak memiliki akar, maka kemungkinan tidak akan bisa ditanam kembali.

Menanam Seledri di Pot

Jika Anda sering menggunakan seledri sebagai topping untuk masakan, maka tidak ada salahnya apabila menanam seledri di rumah untuk cadangan.

cara menanam seledri di rumah

Seledri memiliki cara pemanenan yang berbeda dari selada. Setiap daun yang ukuranya cukup besar dapat langsung dipanen untuk dinikmati.

Hal tersebut membuat stock seledri di rumah akan tetap terjamin tanpa harus terus membelinya.

Cara menanamnya kurang lebih sama, akan tetapi untuk seledri akan lebih baik membeli bibit tanaman seledri yang sudah berusia kurang lebih 3 bulan.

Hal itu diperlukan mengingat tanaman seledri butuh waktu sekitar 4 bulan untuk siap dipanen.

Untuk menghemat waktu akan lebih baik untuk membeli bibit yang sudah berusia saja. Cara menanamnya adalah:

  • Siapkan pot
  • Isi dengan tanah dan pupuk kandang 1:1
  • Pindahkan seledri
  • Panen daun yang sudah cukup besar serta tidak rusak.

Mengingat seledri sangat dibutuhkan oleh masyarakat indonesia, ada baiknya  Anda juga memiliki tanaman tersebut dirumah. Selain untuk masakan seledri juga dapat menjadi hiasan yang tepat untuk kebun Anda.

Ada berbagai jenis tanaman sayuran yang dapat Anda tanam di rumah selagi pandemi ini belum berakhir.

Manfaat yang akan didapatkan juga merupakan suatu nilai plus dalam menanam sayur di rumah terlebih lagi, jika Anda memang memiliki hobi merawat tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *