Budidaya Jagung

budidaya jagung

Saat Anda akan budidaya jagung, nampaknya budidaya jagung manis menjadi pilihan tepat untuk dilakukan. Sebab menanam jagung manis merupakan peluang usaha menjanjikan apabila benar-benar dirawat dan ditekuni dengan tepat akan memperoleh hasil panen yang melimpah loh.

Bayangkan saja, jika setiap tongkol jagung manis yang Anda panen memiliki berat 300 gram. Itu berarti ketika Anda panen dalam lahan satu hektar akan menghasilkan paling tidak 30 ton jagung manis.

Lantas berapa untung yang akan didapat? Anda tinggal mengkalikannya saja dengan harga pasaran saat itu.

Akan tetapi, untuk bisa memperoleh hasil panen yang fantastis tentu ada kiat-kiat khusus yang harus dipelajari.

Misalnya saja mulai dari pemilihan varietas, pengelolaan lahan, waktu menanam dan masih banyak lagi yang memang harus dipersiapkan dengan matang.

Sebelum belajar mengenai kiat-kiat suksesnya, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jagung manis itu jagung yang seperti apa. Meskipun sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahuinya dengan baik kan.

Jagung manis adalah jagung yang memiliki rasa manis yang berasal dari kandungan gula yang ada didalam pati.

Itulah sebabnya mengapa jagung manis saat kering dan keriput tampilannya menjadi tidak menarik. Beda dengan saat masih muda tampilannya sangat menggoda.

cara menanam jagung manis

Olahan Jagung yang Bisa Dimanfaatkan

Lalu, apa saja manfaat jagung manis ini? karena kebanyakan dari Anda pasti mengira jagung manis hanya untuk dikonsumsi biasa saja.

Padahal terlepas dari itu, masih ada banyak sekali manfaat lainnya yang jarang orang ketahui. Berikut beberapa cara pemanfaatan jagung manis:

  • Sebagai bahan baku industri minuman seperti sirup
  • Sebagai bahan baku pengolahan susu jagung manis
  • Dijadikan sebagai sayuran yang sehat
  • Bisa diolah menjadi berbagai olahan yang sehat dan lezat seperti sup jagung manis, bakwan dan masih banyak lagi
  • Dimanfaatkan di bidang kesehatan serta kecantikan
  • Batang dan daunnya bisa dimanfaatkan sebagai kompos.

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, kini marilah belajar mengenai bagaimana cara budidaya jagung manis yang baik dan benar. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan secara berurutan, diantaranya adalah:

Syarat Tumbuh Jagung Manis

Jagung manis adalah tanaman yang bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan dan tidak memerlukan syarat macam-macam untuk bisa tumbuh.

Bahkan tanpa adanya olah tanah pun, tumbuhan jagung manis bisa tetap hidup dengan baik.

budidaya jagung manis

Akan tetapi, demi pertumbuhan yang optimal dengan hasil yang memuaskan, tentu harus ada perawatan yang sesuai dengan kebiasaan aslinya.

Baca Juga: Terong Ungu

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi agar jagung manis bisa tumbuh dengan baik:

  • Akan dapat tumbuh dengan optimal di tanah yang gembur, subur serta berhumus
  • Apabila ada, akan lebih menyukai tanah lempung
  • pH tanah kira-kira 5,5 hingga 7,5
  • Dekat dengan sumber air atau jika tidak ketersediaan air harus terpenuhi
  • Drainase dan aerasi harus berfungsi dengan baik dan lancar
  • Terpapar sinar matahari langsung sepanjang hari
  • Akan dapat tumbuh di lahan yang beriklim tropis serta terkena curah hujan yang cukup
  • Bisa tumbuh di berbagai kondisi baik dataran rendah, tinggi ataupun menengah
  • Temperatur harus sesuai antara 27 hingga 32 derajat Celcius.

Itulah syarat-syarat yang sebisa mungkin Anda penuhi agar jagung manis bisa tumbuh secara ideal dan menghasilkan jagung yang memiliki kualitas unggul.

Namun, jika beberapa dari syarat tersebut tidak bisa Anda penuhi bukanlah menjadi suatu masalah karena masih bisa diperbaiki.

Menyiapkan Lahan Tanam

Sebelum memulai budidaya jagung manis, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai tempat menanam bibit jagung.

Lahan yang sudah disiapkan juga harus melewati proses pengolahan seperti dibuat bedengan dengan jarak dan kedalaman yang sesuai.

lahan budidaya jagung

Jangan lupa juga untuk mencampurkan pupuk kandang  dan insektisida kedalam tanah yang dibuat bedengan untuk membuat tanah semakin subur dan mencegah munculnya pengganggu tanaman.

Pemupukan tersebut bisa Anda lakukan paling tidak 2 minggu sebelum waktu tanam tiba.

Caranya adalah dengan menyebarkan pupuk kandang ke dalam bedengan kemudian ditutup dengan tanah. Nah, dalam bedengan tersebutlah nantinya bibit akan ditanam.

Mempersiapkan Benih Jagung Manis

Jagung manis yang unggul tentu saja tidak lepas dari bibitnya yang berkualitas tinggi. Agar Anda tidak keliru Anda bisa memperhatikan ciri-ciri benih jagung manis yang berkualitas berikut ini:

  • Memiliki kemampuan tumbuh hingga 100 % atau jika tidak paling rendah 90 %
  • Benihnya harus berisi atau bernas
  • Bersih dari kotoran dan tidak tercampur dengan varietas lainnya
  • Jauh dari serangan hama serta penyakit
  • Bijinya terlihat mengkilap dan tidak keriput.

Nah, jika Anda sudah menemui benih dengan ciri-ciri semacam itu maka pilihan Anda sangatlah tepat.

Akan tetapi jika belum, carilah benih yang memenuhi syarat tersebut di tempat resmi yang terpercaya. Pastikan juga benih yang Anda dapatkan memiliki izin produksi dari institusi terkait.

Menanam Jagung Manis

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan ketika Anda budidaya jagung manis adalah menanam bibit yang telah Anda dapatkan.

Baca Juga: Budidaya Kentang

Cara menanamnya hanya dengan membuat lubang dengan kedalaman kurang lebih 1 hingga 1,5 cm. Lalu masukkan benih tersebut ke dalam lubang  dan dengan tanah.

Bahkan seiring dengan perkembangan zaman, ada beberapa daerah yang sudah menggunakan alat planter dalam proses penanamannya.

Dengan alat ini dianggap lebih hemat dari segi tenaga, biaya dan juga waktu yang dihabiskan.

Jarak tanam antara benih jagung satu dengan lainnya sekitar 25 x 80 cm. Jarak tersebut sudah termasuk jarak ideal untuk produktivitas jagung manis.

Jika dengan jarak tersebut Anda menanami lahan seluas satu hektar maka Anda akan berpotensi memanen 100 ribu tongkol per hektar.

Panen

Setelah Anda menanam dan kemudian Anda rawat dengan cara diairi, dilakukan penyiangan, pemupukan dan perawatan lainnya. Maka 2 kemudian Anda sudah bisa memanennya meski belum secara keseluruhan.

Langkah-langkah yang cukup sederhana namun bisa membuat budidaya jagung manis Anda menghasilkan cukup banyak tongkol jagung.

Dengan hasil yang banyak tentu saja akan mendatangkan keuntungan yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Leave a Reply