Pohon Buah Tin

Pohon Buah Tin

Pohon buah tin adalah pohon yang usianya sudah cukup tua. Pasalnya sudah ada sejak 1.400 tahun Masehi yang lalu. Berdasarkan riwayat dan cerita yang ada serat yang ada di dalam pohon tin dalam dijadikan bahan pakaian oleh Nabi Adam dan Siti Hawa.

Selain riwayatnya yang cukup melegenda ternyata buah dari pohon ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah tin untuk kesehatan tubuh.

Bisa Digunakan untuk Diet

Selain pohon buah tin yang melegenda ternyata buahnya juga bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani diet. Pasalnya buah tin kaya akan kandungan serat yang mampu membantu memperlancar proses metabolisme tubuh serta pencernaan.

Di dalam 100 gramnya, hanya memiliki kandungan kalori sebesar 74, hal tersebut tentunya sangat bagus untuk diet.

Selain itu buah tin juga memiliki kandungan mineral, pigmen, dan vitamin yang cukup baik dalam mencerahkan serta melembabkan kulit Anda.

Mengatasi Masalah Sembelit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya buah ini bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Dengan begitu buah dari pohon tin juga bisa digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati masalah pencernaan seperti sembelit.

Buah tin memiliki senyawa yang mana mampu mengatasi sembelit yakni senyawa laksatif. Umumnya jenis buah tin yang digunakan untuk mengatasi masalah sembelit bisa dibeli dengan kemasan dalam bentuk sirup.

Selain itu, buah tin juga bisa memperkuat pergerakan dari utus dan beberapa hal lainnya.

cara budidaya buah tin
Pinterest.com

Seperti halnya dengan  mengurangi usaha yang harus dilangsungkan agar bisa mengeluarkan tinja, menyelesaikan proses BAB, menurunkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman di perut.

Meningkatkan Kesehatan dari Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata buah dari pohon buah tin bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dari kulit. Bahkan juga bisa mengatasi beberapa kondisi dari kulit seperti halnya dengan kutil.

Pohon tin sendiri mempunyai senyawa lateks. Senyawa yang satu ini dipercaya bisa memusnahkan kutil yang ada pada kulit tanpa menimbulkan efek samping atau gejala yang lainnya.

Sedangkan buah tin yang mentah tentunya juga bisa Anda manfaatkan ya. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk masker dari wajah.

Pasalnya memiliki kandungan antioksidan, mineral dan vitamin. Berikut tahapan lengkapnya untuk membuat masker wajah buah tin:

  • Tumbuk buah tin mentah secukupnya
  • Oleskan ke bagian wajar hingga membentuk pola melingkar seperti menggunakan masker
  • Tunggu hingga masker meresap ke kulit setidaknya sekitar 10 sampai 15 menit
  • Basuh menggunakan air yang hangat
  • Gunakan masker secara rutin.

Menjadikan Rambut Semakin Lembut

Selain memiliki manfaat untuk kulit tubuh ternyata buah tin juga cukup efektif untuk kesehatan rambut.

Bahkan bagi Anda yang merasa rambutnya sedikit kurang lembut mungkin bisa menjadikan buah ini sebagai alternatif pilih yang tepat.

Pasalnya buat tin bisa menjadikan rambut semakin lembut. Bahkan Anda juga direkomendasikan untuk memilih beberapa produk seperti shampo, conditioner, maupun masker rambut dengan bahan dasar dari buah tin.

Buah tin juga mampu menguatkan rambut, sehingga jika rambut Anda sering mengalami rontok maka bisa diatasi dengan buah ini.

pohon buah tin
pupuknaturalnusantara.net

Pertumbuhan dari rambut juga akan lebih tinggi pasalnya buah tin memiliki  kandungan tembaga serta seng.

Keuda  kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus bisa mempercepat perbaikan dari  folikel rambut. Bagaimana cukup lengkap bukan manfaat dari buah tin untuk rambut?

Sebagai Obat atau Ramuan yang ada Sejak Dulu

Namanya saja pohon yang melegenda tentunya banyak dimanfaatkan oleh banyak orang bukan? Jadi tidak heran lagi jika sejak dulu buah tin sudah digunakan sebagai obat atau ramuan. Terlebih lagi masyarakat Arab.

Buah tin sudah direkomendasikan sebagai salah satu jenis obat tradisional yang bisa digunakan untuk memperbaiki beberapa masalah seksualitas. Misalnya saja masalah kemandulan, daya tahan seks lemah, dan juga disfungsi ereksi.

Obat Alternatif Diabetes

Ada bagian lain dari buah tin yang bermanfaat untuk tubuh, bagian tersebut adalah daun dari pohon tin. Daun tersebut bisa mengontrol gejala dari penyakit diabetes.

Ekstrak dari daun pohon tin mempunyai kandungan ficusin berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Manfaat dari ekstrak yang ada pada buah tin juga bisa mengatasi penyakit diabetes. Ekstrak tersebut bisa mengatur kadar asam lemak serta vitamin E yang ada di dalam darah.

Selain itu juga bisa digunakan untuk memperlambat produksi dari glukosa yang ada di dalam organ hati.

Bagaimana ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pohon buah tin? Ya selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh ternyata pohon tin juga memiliki manfaat bagi kecantikan terutama untuk kulit dan rambut.

Hampir semua bagian yang ada di dalam pohon tin memiliki masing-masing. Seperti halnya dengan bagian buahnya dan juga bagian daun. Bahkan buah tin juga sudah dijadikan sebagai obat tradisional sejak dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *