Manfaat Pupuk Kandang

Manfaat Pupuk Kandang

Pupuk kandang sesuai namanya berasal dari bahan baku yang berasal dari kandang. Kotoran hewan yang biasa diolah jadi jenis ini diantaranya kotoran kambing, sapi dan ayam. Manfaat pupuk kandang bagi tumbuhan sudah tidak diragukan lagi oleh para pelaku tani.

Disebut juga manure, pupuk ini banyak beredar di Indonesia. Pemakaiannya juga terbilang masiv dengan menghabiskan hingga berton – ton pupuk untuk lahan pertanian. Selain mudah ditemukan, pupuk ini juga mudah diaplikasikan.

Ciri Pupuk Kandang

Terdapat beberapa hal yang bisa ciri pembeda antara pupuk kandang dan jenis pupuk lainnya. namun, perlu diketahui sebelumnya, pupuk ini memiliki dua jenis yakni cair dan padat.

Pada dasarnya pupuk padat lebih banyak digunakan dalam industri pertanian.

Pertama, pupuk kandang padat memiliki tekstur menggumpal hingga serbuk granula yang masih bisa dihancurkan.

Jenis ini memiliki warna cenderung gelap seperti hitam, coklat atau hijau tua. Karena terbuat dari kotoran hewan tentu baunya cukup menyengat.

Beralih ke produk pupuk kandang cair, sesuai namanya jenis ini berbentuk cairan dengan warna pekat hingga bening.

Biasanya pupuk ini langsung ditambahkan senyawa tertentu agar hasilnya lebih maksimal. Tidak berbeda jauh dengan jenis padat, jenis ini juga memiliki bau yang tak kalah menyengat.

Kandungan Pupuk Kandang

pupuk kandang
amendedsoils.com

Walaupun miskin akan kandungan hara, pupuk organic jenis ini tidak menutup kemungkinan memiliki kandungan senyawa kimia alami di dalamnya.

Terlebih pada jenis cair yang terbuat dari urine hewan. Tentunya senyawa amonia terkandung di dalamnya.

Selain amonia pupuk kandang memiliki senyawa lain yakni Sulfur (S), Kalium (K), Fosfor (P2O5), Nitrogen (N), Kalsium (Ca) hingga Magnesium (Mg).

Tentunya semua kandungan ini terbentuk lewat proses alami sehingga baik untuk tanah dan perkembangan tumbuhan.

Manfaat Pupuk Kandang Bagi Tumbuhan

Manfaat sering kali jadi bahan pertimbangan sebelum menggunakan sesuatu. Tidak usah ragu, karena pupuk kandang memiliki beragam manfaat yang bisa mendatangkan keuntungan. Berikut ulasannya:

manfaat pupuk kandang untuk tumbuhan
butterfly-conservation.org

1. Menyediakan Kebutuhan Berbagai Unsur

Pupuk kandang sebagai pupuk organik dari alam menyediakan berbagai unsur hingga senyawa yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Kebutuhan akan unsur mikro hingga makro bisa didapatkan dari pupuk serbaguna ini.

Kebutuhan akan unsur alami bisa dipenuhi lewat pupuk ini. Penyebarannya juga terhitung luas sehingga pupuk ini bisa dengan mudah di dapatkan. Bahkan siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Memperbaiki Struktur Tanah

Terlebih pada jenis padat, pupuk ini bisa memperbaiki struktur tanah yang rusak akibat hama atau faktor lainnya. Tidak heran pupuk kandang banyak digunakan oleh petani pemilik lahan semi kota agar tanaman bisa tumbuh subur di lahannya.

Untuk jenis cair, lebih berperan untuk menutrisi tanah dibanding memperbaiki struktur tanah. Dengan pemakaian keduanya tumbuhan bisa berkembang dengan maksimal. Sekalipun dalam lahan yang tidak baik.

3. Penyeimbang Nutrisi

Kebanyakan tanah hanya mengandung unsur tertentu seperti zat hara. Nama dari itu penambahan nutrisi yang bisa bekerja untuk tanah juga untuk tumbuhan sangatlah diperlukan.

Bila tidak, industri bisa saja gulung tidak karena tumbuhan gagal berkembang.

Seperti yang diketahui, tanaman tidak mungkin memproduksi nutrisinya sendiri. Maka dari itu, penuhi nutrisi tumbuhan dengan penggunaan pupuk jenis ini secara rutin. Biasanya bisa dipakai hingga 3x dalam sebulan.

4. Pemacu Pertumbuhan Mikroorganisme

Senyawa alami bisa dijadikan pemicu berkembangnya mikroorganisme yang berguna bagi tumbuhan.

Ragam mikroorganisme bukan hanya jadi hama tapi juga jadi pemicu kesuburan tanaman. Lewat pupuk kandang hal tersebut bisa didapatkan.

Mikroorganisme yang bermanfaat diantaranya bakteri, cacing hingga hewan tak kasat lain.

Hewan ini dapat menyuburkan tanah hingga menggemburkan tanah yang dulunya rusak. Tumbuhan pun bisa dengan cepat menyesuaikan diri untuk berkembang.

5. Membuat Tanaman Lebih Cepat Berkembang

Kaya akan nutrisi yang dengan mudah diserap tanaman akhirnya berdampak pada perkembangan tumbuhan. Tumbuhan akan lebih cepat berkembang hingga menghasilkan buah dengan hasil yang memuaskan.

Dengan hasil yang memuaskan tersebut tidak dipungkiri keuntungan berlipat akan menghampiri anda. Ditambah lagi kini banyak orang yang beralih ke makanan organik karena nutrisi yang terkandung lebih utuh.

Disamping baunya yang menyengat ternyata manfaat pupuk kandang bagi tumbuhan juga bisa dirasakan oleh pihak petani. Tumbuhan yang dikembangkan nantinya akan memiliki hasil yang cukup memuaskan. Disamping itu penggunaan pupuk kandang terhitung cukup mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *