Ikan Air Tawar

ikan air tawar

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ikan air tawar menjadi jenis ikan yang sangat digemari oleh masyarakat, tidak hanya karena mudah menjumpainya di pasar, rasanya pun gurih dan lezat serta harganya yang relatif terjangkau oleh masyarakat umum.

Ikan air tawar memiliki jenis yang sangat beragam, semua jenis ikan memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang bagus untuk dijadikan ikan hias, banyak juga yang rasanya lezat untuk dikonsumsi.

Permintaan pasar terkait ikan tawar untuk dikonsumsi tampaknya tak pernah surut, begitu pula yang dijadikan ikan hias.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ikan air tawar memiliki jenis yang sangat beragam. Adapun jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi, antara lain adalah sebagai berikut.

Ikan Air Tawar Untuk Konsumsi

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidup diperairan tawar seperti rawa, danau, waduk, sungai bahkan bendungan.

Ikan air tawar pada umumnya dapat hidup dengan baik didalam air dengan pH 7-8.  Ikan air tawar yang dapat dikonsumsi sangat banyak jenisnya.

jenis ikan air tawar konsumsi

Semua pecinta ikan tawar memiliki selera dan kesukaannya masing-masing. Lantas ikan apa yang paling Anda dan keluarga sukai? Berikut ini ikan air tawar paling populer untuk dikonsumsi adalah:

1. Ikan Lele

Ikan lele memiliki tekstur kulit yang mulus tidak bersisik dan licin. Tidak semua orang menyukai ikan ini dikarenakan wujudnya yang seperti belut dan kadang ada yang enggan menikmatinya karena lele berlendir.

Padahal ikan lele memiliki daging yang tebal dan gurih. Lele memiliki kepala yang besar dan keras, dan kumis atau sungut sebagai ciri khasnya.

Sungut ini berfungsi sebagai pengirim sinyal ketika lele bergerak pada perairan gelap atau di dalam lumpur.

Harga ikan lele dipasaran cukup terjangkau hanya sekitar 20.000 an saja perkilonya. Anda juga sering menjumpai ini di warung makan sebagai pecel lele.

2. Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer dikalangan masyarakat untuk dikonsumsi. Ikan ini memiliki bentuk yang pipih dan berwarna hitam keabu-abuan. Panjang ikan ini dapat mencapai 40 cm.

Ikan mujair sangat mudah ditemukan dipasaran dengan berat 300 gram sampai 800 gram per ekornya. Ikan mujair cocok diolah menjadi gulai ikan, ikan balado atau masakan Nusantara lainnya.

3. Ikan Nila

Ikan nila memiliki warna dan bentuk badan dan warna seperti ikan mujair. Tidak heran masih banyak yang tidak bisa membedakan keduanya, bahkan ada yang menganggapnya sama.

Nah ketiga jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan terpopuler yang dikonsumsi oleh masyarakat umum. Selain itu ada ikan gurame yang menjadi kegemaran masyarakat walaupun dengan harga yang cukup tinggi. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

4. Gurame Ikan Air Tawar untuk dikonsumsi

Gurame merupakan jenis ikan air tawar dengan ciri khas terletak pada kepalanya. Ikan gurame sangat digemari oleh masyarakat karena dagingnya yang tebal dan rasanya yang gurih-gurih lezat.

Untuk ikan gurame sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat Anda konsumsi, diantaranya:

  1. Gurame Jepang
  2. Gurame Soang
  3. Gurame Porselin
  4. Gurame Kapas
  5. Gurame Blue Safir
  6. Gurame Bastar
  7. Gurame Paris.

Diantara ketujuh jenis di atas, jenis ikan gurame yang sering Anda jumpai di pasaran yaitu gurame soang dengan berat rata-rata 700 gram hingga 1,2kg. gurame dibandrol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya.

Namun harga tersebut sebanding dengan tubuh besar dan dagingnya yang tebal. Durinya besar-besar dan hanya terdapat di bagian tengahnya saja, sehingga Anda dapat dengan mudah memilahnya. Satu ikan gurame cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

Hidangan yang paling cocok adalah gurame saus asam manis dengan saus nanas maupun balado gurame mercon untuk pecinta pedas. Semua hidangan akan lebih terasa lezat jika dinikmati bersama keluarga.

Ikan Air Tawar Cantik untuk Hias

Selain cocok untuk dikonsumsi, ikan air tawar juga memiliki banyak jenis yang cocok untuk dipelihara di akuarium Anda sebagai ikan hias.

Selain untuk mempercantik ruangan rumah Anda, koleksi ikan hias dewasa ini juga menjadi hobi beberapa kalangan.

ikan air tawar hias

Setiap jenis ikan hias memiliki ciri khas dan dibandrol dengan harga yang bervariasi. Ada yang murah dengan harga 3.000-an saja atau bahkan ada yang bisa menembus angka jutaan rupiah loh.

Kira-kira apa saja  jenis ikan itu? Yuk langsung saja simak informasinya dibawah ini:

1. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan yang sangat digemari oleh anak-anak bahkan hingga dewasa. Ikan cupang berukuran kecil dan memiliki ciri khas pada siripnya yang berwarna-warni. Setiap jenis ikan cupang memiliki bentuk dan warna sirip yang berbeda.

Ikan cupang  merupakan salah satu jenis ikan air tawar hias yang mudah perawatannya. Tidak hanya menjadi ikan hias, seringkali ikan cupang dijadikan sebagai  ikan aduan.

2. Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan yang sudah tidak asing lagi. Ikan ini menjadi ikan favorit oleh para pecinta ikan hias air tawar. Ikan koi memiliki corak dan warna bervariasi yang sangat indah.

Biasanya ikan koi dipelihara dikolam ikan untuk memberikan kesan segar dan alami dirumah.

3. Ikan Louhan

Ikan louhan memiliki benjolan dan sisik yang indah sebagai daya tariknya. Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Semakin besar benjolan di kepalanya maka harganya pun semakin mahal.

4. Ikan Arwana

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan ini. Ikan arwana sangat indah jika dipelihara di akuarium. Tubuhnya yang panjang dengan warna yang indah dan jalannya berkelok-kelok sangat anggun.

Dengan melihat ikan arwana, dipercaya dapat mengatasi stress.

Ikan arwana memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi,namun hal tersebut sepertinya bukan penghalang untuk para pecinta arwana.

Jadi itulah beberapa ikan hias yang kerap menjadi hidangan di piring Anda ataupun menjadi keindangan di akuarium kesayangan Anda. Sudah memilih mana yang akan Anda masak atau yang akan Anda jadikan koleksi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *