Fungsi Pupuk Urea

manfaat pupuk urea

Pada kegiatan menanam, satu langkah yang tidak boleh dilupakan ialah pemberian pupuk. Jenis pupuk yang bisa dibeli di pasaran sangat beragam.

Umumnya dibagi menjadi dua macam yaitu organik dan anorganik. Contohnya pupuk urea. fungsi pupuk urea bagi tanaman sangat banyak.

Bukan hanya membantu proses pertumbuhan tanaman, pupuk ini pun banyak digunakan karena cocok dan bisa diberikan pada beragam jenis tanaman.

Kelebihan pupuk urea salah satunya mudah didapatkan di pasaran. Anda bisa mengenal lebih dekat apa saja fungsi dari pupuk urea berikut ini.

Fungsi Pupuk Urea untuk Tanaman dan Lingkungan

Fungsi Pupuk Urea

1. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Waktu yang dibutuhkan dalam menanam benih hingga menghasilkan tanaman yang tubuh subur hingga berbunga dan berbuah memang sudah ada catatan alaminya sendiri.

Setiap tanaman masing-masing memiliki waktu untuk tumbuh.

Tetapi ada banyak faktor yang bisa membuat sebuah tanaman mengalami pertumbuhan yang lambat. Seperti cara pemeliharaannya yang tidak tepat, atau kurang maksimal.

Bahkan pertumbuhan tanaman bisa saja gagal dan tanaman mati sebelum berbunga atau berbuah.

Ini menjadi alasan mengapa pemberian pupuk pada tanaman sangat penting dilakukan sejak awal.

Misalnya pupuk urea yang bisa dijadikan pupuk dasar sekaligus tambahan. Penggunaan pupuk ini akan membantu mempercepat proses pertumbuhan.

2. Menambah Kandungan Protein pada Tanaman

Fungsi pupuk urea yang kedua ialah menambah kandungan protein pada tanaman. Urea memiliki kandungan senyawa organik yang mampu beradaptasi secara cepat dengan berbagai kondisi tanah.

Pupuk ini pun memiliki keahlian tersendiri dalam menambah kandungan protein pada tanaman dengan cepat pula.

Hal ini menjadi kelebihan bagi penggunaan pada tanaman pangan seperti buah-buahan dan sayuran karena sudah pasti protein nabati di dalamnya sangat dibutuhkan.

3. Pupuk Bisa Digunakan untuk Beragam Jenis Tanaman

Sudah disebutkan bahwa pupuk ini mudah beradaptasi, maka pupuk ini bisa digunakan hampir di semua jenis tanaman.

Dari mulai tanaman pangan, tanaman perkebunan, hingga tanaman holtikultura. Oleh karenanya penggunaan pupuk urea termasuk tinggi di dunia pertanian.

Lebih hebatnya, pupuk ini pun sering digunakan dalam dunia perikanan dan peternakan. Walau memang bukan sepenuhnya organik, urea tetap memiliki kelebihan tersendiri.

Saat ini banyak petani yang mengolah pupuk urea dalam bentuk lebih ramah lingkungan.

4. Penggunaan yang Bisa Disesuaikan Kebutuhan

Kelebihan sekaligus fungsi lainnya ialah pupuk urea bisa digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi lahan. Seperti pada tanaman irigasi.

Pemberian pupuk bisa dengan mencampurnya menggunakan tanah kering lebih dulu atau mengalirkan larutan pupuk melalui saluran irigasi.

Pada tanaman tertentu, urea pun diberikan sebagai langkah terakhir. Seperti di tanaman kapas dan biji-bijian.

Urea memberikan manfaat khusus untuk tanaman berdaun hijau dengan meningkatkan produksi klorofil (zat hijau pada daun).

5. Menjadi Tambahan Pakan Ternak

Berikutnya dalam fungsi pupuk urea berupa menjadi bahan yang bisa dicampurkan dalam pakan ternak. Karena kandungan nitrogen pada urea cukup tinggi yaitu sekitar 45%.

Urea bisa dicampur pakan ternak khususnya untuk sapi.

cara menggunakan Pupuk Urea

Kembali lagi, urea mampu meningkatkan kandungan protein yang mana juga dibutuhkan oleh sapi.

Nitrogen yang terkandung dalam urea mengalami proses disintesa dibantu oleh bantuan mikroba sehingga menghasilkan protein dalam jumlah yang lebih banyak.

6. Meningkatkan Kualitas Hasil Panen

Fungsi lainnya ialah berguna dalam meningkatkan hasil panen. Kualitas hingga kuantitas hasil panen tentu sangat penting bagi pemilik tanaman pangan, apalagi bila skalanya tergolong besar dan diandalkan sebagai bisnis sehari-hari.

Penggunaan pupuk baik untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, hingga menjadi vitamin tambahan bagi tanaman merupakan satu cara terbaik yang harus dipertimbangkan. Tidak hanya urea, penggunaan pupuk jenis lain pun harus disesuaikan.

Karakter tanaman dan tanah berbeda-beda, begitu pun karakter pupuk itu sendiri. Contohnya pupuk urea yang mudah beradaptasi.

Namun perlu diingat pula kualitas hasil panen yang baik bukan hanya dari pengaplikasian pupuk saja.

7. Fungsi Khusus dalam Dunia Industri

Terakhir, fungsi pupuk urea ini bisa didapatkan untuk kebutuhan industri, laboratorium, komposisi produk pembersih, dan masih banyak lagi.

Urea bisa juga ditemukan di beberapa produk yang kita gunakan dan konsumsi sehari-hari seperti pada produk perawatan kulit dan pemutih gigi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *