Cara Pemijahan Ikan Mas

Cara Pemijahan Ikan Mas

Pemijahan merupakan salah satu proses untuk membentuk anakan ikan yang berkualitas. Tentunya cara pemijahan ikan mas ini sangatlah mudah dan simpel. Bahkan, siapapun bisa melakukannya sendiri tanpa harus dibantu oleh orang lain.

Namun, dalam tahap yang satu ini Anda harus benar-benar teliti. Hal ini bertujuan agar calon anakan ikan bisa berkembang dengan baik. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Cara Pemijahan Ikan Mas

Dalam habitat aslinya biasanya pemijahan ikan mas ini dilakukan pada saat musim hujan. Proses pemijahan ini dirangsang oleh bau tanah yang kering lalu tersiram air hujan. Namun, dalam proses pembenihan bisa dilakukan kapan saja, berikut tata caranya:

1. Ciri Indukan Matang Gonad

Cara pemijahan ikan mas yang pertama adalah mencari indukan yang matang gonad. Anda bisa mengetahuinya dengan cara memilah beberapa ciri yang terdapat pada ikan, diantaranya seperti:

Ciri indukan betina yang matang gonad:

  • Alat genital berwarna kemerahan dan mengembung agak terbuka
  • Perut bagian bawah lunak bentuknya buncit dan membulat
  • Bagian anus menonjol seperti membengkak.

Ciri indukan jantan yang matang gonad:

  • Tubuh lebih ramping dan gesit
  • Jika perut bagian bawah ditekan maka akan mengeluarkan sperma yakni cairan berwarna putih.

Sebelum dipijah indukan jantan dan betina harus dipisahkan dalam kolam yang berbeda. Pada umumnya indukan betina yang ideal untuk dipijah berumur 1,5-2 tahun dan bobotnya adalah 2-3 kg.

sukses budidaya ikan mas
pupuknaturalnusantara.net

Sedangkan indukan jantan yakni berumur 10-12 bulan dan bobotnya telah mencapai 0,6 kg. Jika telah memenuhi syarat maka indukan betina dan jantan bisa langsung dipijah.

2. Pemeliharaan Indukan Ikan

Nah, sebelum dilakukan pemijahan ikan mas jantan dan betina harus dipelihara terlebih dahulu selama 1-2 hari. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan lemak yang berada di sekitar kantong telur.

3. Siapkan Kolam Pemijahan

Cara pemijahan ikan mas selanjutnya adalah menyiapkan kolam pemijahan. Nah, kolam yang paling cocok untuk tempat pemijahan ikan mas adalah kolam tanah. Persiapan kolam yang harus dilakukan seperti:

  • Pengapuran
  • Penjemuran kolam
  • Pengolahan tanah
  • Pengairan

Setiap indukan betina yang siap dipijah membutuhkan kolam seluas 6m per bobot tubuh. Kedalaman air yang dibutuhkan adalah 60-80cm. Hal lain yang  harus dipersiapkan untuk pemijahan yakni kekaban

Baca Juga: Cara Membuat Kolam Ikan

Fungsi dari kekaban ini adalah untuk meletakkan telur yang sudah dibuahi. Kekaban biasanya terbuat dari ijuk yang dijepit menggunakan bilah bambu dan diberi pemberat agar tenggelam ke dalam air. Lebarnya adalah 40 cm.

4. Pemijahan Ikan Mas

Terdapat dua jenis pemijahan yang bisa Anda lakukan salah satunya yakni pemijahan secara alami. Tentunya cara pemijahan ikan mas ini sangatlah mudah, berikut tata caranya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yakni pasanglah kekaban ijuk melayang dalam air sekitar 10-15cm di bawah permukaan air. Lalu, ikat pada patok yang menancap kuat.
  • Kemudian, masukkan indukan jantan dan betina bersama-sama ke dalam kolam. Perbandingan bobot indukan betina dan jantan adalah 1:1 sedangkan jumlahnya bisa 2:1 atau 3:1.
  • Biasanya pelepasan induk berlangsung pada pukul 16.00-17.00 atau pada pukul 01.00-06.00. Hal ini ditandai dengan bau amis yang menyelimuti kolam dan ikan yang saling berkejaran.
  • Langkah selanjutnya adalah amati kekaban setelah 24 jam sejak indukan dilepaskan dalam kolam. Kekaban yang sudah terisi dengan telur digoyangkan untuk menghilangkan lumpur yang menempel.

5. Penetasan Telur

Proses penetasan telur ini bisa dilakukan di berbagai tempat atau wadah yang tersedia. Biasanya tempat yang digunakan untuk menetaskan telur adalah bak semen, akuarium, kolam terpal, bak fiber atau kolam tanah.

Jika Anda ingin menetaskan telur dalam kolam tanah, lengkapilah dengan hapa. Ya, hapa merupakan jaring halus berukuran 1 mm atau berukuran lebih kecil dari telur yang diletakkan ke dalam kolam.

Bentuk hapa ini adalah seperti jaring yang berada di waduk. Setelah proses pemijahan ini selesai, pindahkan kekaban yang berisi telur ke kolam atau tempat pemijahan.

Sebelum memindahkannya bersihkan dulu kekaban dari lumpur dengan cara digoyangkan. Alangkah baiknya jika tempat penetasan telur terhindar dari hujan dan panas yang berlebihan.

Nah, untuk mencegah pertumbuhan jamur dalam kolam, berikan methylen blue pada kolam. Sedangkan penetasan pada hapa, Anda bisa merendam kekaban dalam air yang sudah dicampur dengan methylen blue.

Kemudian, letakkan kekaban di bawah permukaan air sekitar 10-15 cm. Suhu ideal untuk menetaskan telur adalah 28-30 derajat celcius. Biasanya telur akan menetas dalam waktu 1-3 hari.

Baca Juga: Ikan Hias Air Tawar

Setelah telur menetas, jangan langsung diberi pakan. Berilah pakan berupa jentik nyamuk atau pakan alami lainnya setelah berusia 3 hari atau lebih.

Jenis-Jenis Ikan Mas Konsumsi dan Hias

Di dunia ini terdapat berbagai macam ikan hias. Ya, ada yang bisa dikonsumsi sekaligus ikan hias. Tentunya hal ini sangat menarik jika dipelihara. Bagi Anda yang ingin memeliharanya, ketahuilah beberapa jenis ikan mas ini seperti:

  • Ikan mas punten
  • Ikan mas sinyonya
  • Ikan mas Taiwan
  • Ikan mas merah
  • Ikan mas majalaya
  • Ikan mas yamato
  • Ikan mas lokal

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang populer saat ini. Pasalnya ikan ini bukan hanya bisa dikonsumsi saja melainkan bisa juga dijadikan sebagai ikan hias. Tentunya cara pemijahan ikan mas sangatlah mudah.

Anda bisa melakukannya menggunakan beberapa cara budidaya ikan mas yang sudah dijelaskan di atas. Dengan demikian, kini Anda bisa melakukan pemijahan ikan yang baik dan benar. Jadi, tunggu apalagi? Buruan pijahlah ikan mas sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *