Cara Merawat Bunga Mawar

Cara merawat bunga mawar yang baik dan benar, dapat membuat tanaman tumbuh dengan sehat dan indah. Selain itu, cara ini dapat memberi kepuasan untuk Anda ketika merawatnya.

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak yang termasuk kedalam famili Rosaceae. Tanaman bunga mawar memiliki berbagai macam warna, yaitu mawar merah, kuning, merah muda, putih, dan ada juga yang berwarna ungu.

Karena bunga mawar sangat populer, bunga ini disukai oleh kebanyakan orang. Melakukan perawatan tanaman ini juga cukup mudah. Bunga mawar dapat Anda jadikan tanaman hias untuk memperindah ruangan atau halaman rumah.

Nah jika Anda tertarik untuk memperindah halaman rumah Anda dengan bunga mawar, yuk kita simak cara menanam dan cara merawat bunga mawar agar tumbuh sehat dan indah!

Syarat Tumbuhnya Bunga Mawar

Berikut ini syarat menanam bunga mawar:

  • Memiliki curah hujan 1500-3000 mm/th
  • Memiliki cukup sinar matahari
  • Tanah liat berpasir (kandungan liatnya 20-30%), subur, gembur, memiliki drainase yang baik, memiliki kandungan bahan organik, serta aerasi yang baik
  • Tanah dengan pH 5,5-7,0
  • Tanah terbaik merupakan tanah latosol dan andosol
  • Mawar akan tumbuh jika berada di ketinggian 560-800 mdpl, udara minimum 16-18 derajat dan maksimal antara 28-30 derajat.
  • Mempersiapkan Media Tanam

Mempersiapkan media tanam merupakan langkah awal yang akan menentukan keberhasilan dari cara menanam dan cara merawat bunga mawar. Nah hal yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut:

  • Tanah yang subur, gembur serta berpasir
  • Pupuk kandang atau pupuk organik
  • Air
  • Campurkan pupuk dengan tanah dengan perbandingan 2:1
  • Menyirami lahan tanah dengan air
  • Diamkan tanah selama beberapa saat, lalu masukkan kedalam pot atau polybag.
  • Pembibitan dengan Cara Menyetek

Menanam bunga mawar dengan cara stek lebih mudah, daripada menanam melalui biji atau benih. Bunga mawar akan mudah tumbuh jika melalui stek, karena tunas yang tumbuh berasal dari ketiak ruas batang mawar.

Cara menanam dengan stek hanya membutuhkan waktu yang sebentar tidak seperti menanam dengan biji, jadi Anda bisa menghemat waktu.

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek

  • Pertama-tama buatlah lubang pada media tanam, sedalam 4-7 cm sesuai dengan panjang bibit. Kedalamannya harus setengah dari tinggi batang yang dipotong
  • Masukkan batang sepanjang 3/4 atau 1/2 bagian kedalam lubang
  • Kemudian sirami dengan air sampai tanahnya lembab. Menanam dengan cara ini memerlukan drainase yang baik, tetapi air jangan sampai menggenangi pot
  • Selanjutnya, letakkan mawar ditempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, tetapi jangan terkena secara langsung.
  • Cara Merawat Bunga Mawar

Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga

1. Menyirami Dengan Baik

Salah satu proses yang penting dalam merawat bunga mawar adalah melakukan penyiraman dengan teratur. Air merupakan sumber utama proses biologis tanaman, selain itu juga berperan agar unsur hara cepat larut dan terserap oleh akar mawar.

Penyiraman sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi hari (07.00-09.00) dan sore hari (16.00-18.00). Pemberian jumlah air, menyesuaikan dengan tingkat kebasahan tanah serta umur tanaman.

2. Rajin Memangkas Batang, Daun dan Bunga

Rutin memangkas daun serta batang bunga juga amat penting dilakukan. Kebanyakan orang akan mengeluh karena tanamannya tidak berkembang secara baik, tetapi tidak menyadari jika melakukan pemangkasan batang dan daun juga penting dilakukan.

Pada tanaman mawar yang terlalu banyak memiliki dahan, ranting serta daun akan membuat pertumbuhan bunganya menjadi terlambat atau berbunga hanya sedikit.

Hal ini disebabkan karena hasil fotosintesisnya haya digunakan sebagai pertumbuhan dahan, ranting, dan daun saja sehingga pertumbuhan bunganya terhambat. Pemangkasan dilakukan minimal sebanyak dua minggu sekali.

3. Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman bunga mawar memerlukan sinar matahari dalam melakukan fotosintesis, yang berguna untuk menghasilkan zat makanan. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 06.00-10.00 pagi.

4. Mengendalikan Pertumbuhan Gulma

Agar pertumbuhan bunga mawar milik Anda berkembang secara baik, Anda juga perlu memperhatikan pertumbuhan gulma pada media tanam. Cek secara rutin jangan hanya sesekali saja, hal ini akan mempercepat pertumbuhan bunga pada mawar.

Sebelum memberikan pupuk, Anda harus selalu memastikan bahwa tidak ada gulma yang tumbuh pada media tanam.

5. Mengendalikan Hama dan Penyakit

Hal yang dapat dilakukan untuk merawat bunga mawar adalah mengendalikan hama dan penyakit secara efektif. Biasanya hama pada tanaman mawar dapat berupa ulat daun, Anda dapat menyemprotkan insektisida atau racun serangga.

Tanaman bunga mawar terkadang rusak karena jamur, sehingga perlu dilakukan penyemprotan fungisida. Gejalanya berupa bercak daun, bunga membusuk, karat daun serta tepung mildew (lapisan putih pada permukaan daun).

Serangan serangga juga akan menyebabkan bengkak pada pangkal batang, sehingga Anda perlu melakukan penyemprotan bakterisida.

6. Pemberian Pupuk

Anda dapat memberikan pupuk dalam perawatan tanaman bunga mawar. Pemberian pupuk bertujuan untuk menambahkan unsur yang dapat membuat tanaman menjadi semakin subur.

Pupuk yang baik untuk digunakan dan paling disarankan adalah pupuk kandang, yang berasal dari hewan seperti sapi dan kambing.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pupuk kimia seperti NPK. NPK mengandung nitrogen yang baik untuk pertumbuhan vegetatif seperti daun, fosfor untuk akar, serta kalium yang dapat membantu pertumbuhan bunga dan buah.

Jenis-Jenis Bunga Mawar

Berikut empat jenis bunga mawar yang bisa menjadi pilihan Anda dalam menanam bunga mawa;

1. Wild Rose (Bunga Mawar Liar)

Bentuk bunga mawar ini sangat sederhana, tetapi kecantikannya tidak kalah dari bunga mawar lainnya. Bunga mawar ini menjadi salah satu yang paling diminati, karena kesederhanaannya.

2. Old Garden Rose (Bunga Mawar Taman Kuno)

Yang menjadi ciri khas dari bunga mawar ini terletak pada bentuknya yang rumit tetapi cantik. Bunga mawar taman kuno juga memiliki wangi yang semerbak

3. Modern Garden Rose (Bunga Mawar Taman Modern)

Ciri khas dari bunga ini adalah memiliki kelopak ganda, beberapa jenisnya memiliki bau yang harum, serta bisa tumbuh sepanjang tahun.

4. Mawar Musk

Ciri khusus mawa mask adalah adanya rambut pada sekitar biji di bagian bawah daging buah. Jika rambut-rambutnya terkena kulit, dapat menyebabkan iritasi dan jika dimakan akan mengganggu saluran cerna.

Nah, kini Anda sudah paham betul mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai cara merawat bunga mawar? Semoga bisa membantu ya.

Leave a Comment