Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cara Mencangkok Pohon Mangga

Budidaya tanaman memang mengasyikkan. Terlebih jika anda mencari kegiatan untuk menghilangkan penat setelah sekian lama didera rentetan deadline. Mengurus tanaman dapat memberikan energi positif.

Bahkan, ketelatenan ini mampu menghasilkan produktivitas. Yang tidak hanya sehat untuk mental namun juga untuk kantong anda.

Ya, di zaman serba canggih seperti sekarang ini. Kebutuhan sayur dan buah adalah keperluan primer. Salah satunya adalah buah mangga. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga bisa Anda kembangbiakkan sendiri di rumah.

Teknik terbaik yang bisa Anda coba ialah dengan okulasi atau sambung pucuk. Selain itu, Anda bisa mempraktekkan cara mencangkok pohon mangga secara mandiri.

Mengapa demikian? Jika Anda mengaplikasikan pembibitan langsung dari bijinya, maka ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Selengkapnya, berikut budidaya mangga cangkok yang wajib Anda coba;

1. Bibit

Cara mencangkok pohon mangga sebenarnya harus dilakukan dengan hati-hati. Namun jika anda kurang telaten, anda bisa meminta bantuan orang terdekat.

Bahkan jika Anda berminat, banyak sekali bibit cangkok yang dijual di depo pembibitan.

Adapun harga yang dipatok untuk tiap pohonnya tentu bervariasi. Semua tergantung varietas, ukuran, dan usia pohon.

Sejumlah situs marketplace sudah menawarkan bibit cangkok dengan rating dan tanggapan dari klien yang memuaskan.

cara mencangkok

Bibit pohon mangga cangkok yang baik tumbuh dengan lurus ke atas, daun yang subur, dan tidak dimakan hama. Pohonnya juga tidak layu

2. Keuntungan Memiliki Mangga Cangkok

  1. Pohon mangga lebih cepat berbuah, cara mencangkok pohon mangga lebih cepat menghasilkan buah dibanding dengan sistem tanam biji
  2. Perkembangbiakan dapat mencapai hasil maksimal, dan dapat diandalkan daripada penanaman melalui biji
  3. Mempunyai kemiripan yang sama dengan induknya. Apabila bakal bibitnya mampu memproduksi buah mangga yang besar dan manis, maka turunan tersebut akan diwariskan untuk mangga cangkok.
  4. Tingkat keberhasilan buah dengan mengaplikasikan cara mencangkok pohon mangga tentu lebih tinggi. Bahkan dalam hitungan tahun saja, Anda sudah dapat menikmati buahnya yang bergelantungan.
  5. Kekurangan Metode Cangkok Mangga

Selain menyuguhkan nilai plus, tiap metode yang Anda pakai tentu menyimpan kekurangan masing-masing.

  1. Apabila tidak disangga dengan kayu, maka akan mudah roboh. Dari segi kekuatan, mangga yang dibudidayakan melalui biji memiliki batang yang kuat.
  2. Pada saat kemarau, Anda harus memperhatikan batang yang diperoleh melalui cara mencangkok pohon mangga. Cangkokan mangga tidak tahan kering. Apabila pengairannya kurang, berpotensi menimbulkan kematian.
  3. Satu pohon atau induk hanya bisa menampung beberapa cangkokan. Sehingga perbanyakan bibit bersifat terbatas.
  4. Potensi kerusakan pada pohon mangga. Terlebih jika si pencangkok tidak menerapkan pemotongan batang dengan rapi dan hati-hati.
  5. Jika tidak dilakukan dengan teliti, batang yang dicangkok tidak berakar namun justru membusuk lantaran ikatan tali atau plastiknya tidak kuat. Maka pelajari betul tutorial mencangkok pohon mangga dan referensi lain yang berkaitan.

3. Kriteria Pohon yang Bisa Dicangkok

  1. Indukan ini berarti dipastikan memproduksi buah tiap tahunnya. Dengan referensi buah mangga yang banyak, manis, dengan pertumbuhan yang baik maka bibit cangkok yang diperoleh juga menyuguhkan hasil serupa.
  2. Batang sudah siap. Pilihlah batang dewasa dan tidak terlalu tua. Paling tidak, sebelum memastikan keputusan untuk budidaya mangga cangkok, Anda sudah menemukan pohon berusia kurang lebih 2 tahun. Ini menjamin produksi buah yang nanti akan anda panen.
  3. Pilih batang yang tidak lecet. Hindari memilih batang yang mempunyai memar atau luka pada bagian kulitnya. Selain itu, batangnya pun harus kuat dan kokoh.

Pada saat Anda memotong bagian kulitnya, Anda akan menemukan cairan yang dari dalam. Cairan ini adalah kambium.

mencangkok yang benar

Diamkan lebih dulu sampai getah ini mengering. Gunakan batang bagian ketiga percabangan dari bagian pangkal batang.

4. Peralatan yang Diperlukan Cara Mencangkok Pohon Mangga

Siapkan peralatan untuk mencangkok  

  • Pisau
  • Gunting
  • Kompos
  • Pupuk Kandang
  • Tali rafia
  • Plastik/tabung bambu/sabut kelapa/ijuk.

Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga

  • Pilih batang berumur 2 tahun
  • Dengan tinggi 120 cm
  • Sisik bagian batang menggunakan pisau dengan panjang keratan lebih dari 10 cm
  • Bersihkan kambium atau tunggu hingga kering (kurang lebih 3 minggu)
  • Beri perangsang
  • Ambil tanah yang subur dan tempelkan pada batang
  • Bungkus sayatan dengan bambu, sabut, plastik, atau ijuk
  • Tunggu hingga akar tumbuh 3-4 bulan, lepas plastik, potong bagian daun, dan ranting bawaan, bungkus lagi kemudian tanam pada polybag sampai tubuh daun dan ranting yang baru.
  • Tanam pada tanah.

Untuk hasil optimal, cara mencangkok pohon mangga harus Anda imbangi dengan pemberian air secara rutin. Pastikan langkah pencangkokan sudah Anda jalanan dengan sistematis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi Anda!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *