Cara Menanam Durian

Cara Menanam Durian

Siapa sih yang tidak kenal buah durian? Hampir semua orang suka, terlebih lagi orang Indonesia. Ada banyak sekali jenis buah durian durian yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Melihat dari banyaknya orang yang suka buah durian, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkannya  dengan menanam pohon. Jika memiliki lahan yang luas Anda bisa menanam dalam jumlah besar. Dibawah ini ada cara menanam pohon durian dari bijinya.

Cara Menanam Biji Buah Durian

Cara menanam durian bisa dilakukan dengan menggunakan biji dan tentunya memiliki keunggulan serta kekurangan tersendiri.

Keunggulannya adalah, tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih kuat, perakaran pun jadi lebih baik serta lebih kuat jika terkena serangan hama maupun penyakit.

Sebaliknya ada juga kekurangan ketika Anda memilih menanam durian menggunakan biji. Kekurangannya seperti masa pertumbuhan jadi lebih lama serta kualitas tanaman kadang jadi sedikit berbeda jika dibandingkan dengan induknya.

cara menanam pohon durian dengan biji
indoneo.com

Sebenarnya Anda bisa memilih dua opsi atau pilihan sumber bibit sebagai cara menanam durian. Disini Anda dapat memilih bibit dari hasil semaian maupun bibit yang berasal dari hasil bibit hasil cangkokan. Tentu caranya juga berbeda satu dengan lainnya.

Namun jika Anda lebih suka menanam pohon durian menggunakan biji secara mandiri. Alangkah baiknya, biji durian Anda semai dahulu di media. Sebelum menanam, jangan lupa persiapkan media yang sesuai  kebutuhan dari jenis durian.

Persiapan Media Tanam untuk Durian

Cara menanam durian akan sangat ditentukan dari proses persiapan media tepat. Persiapan ini tentu harus sangat tepat. Pasalnya media merupakan tempat bagi tanaman agar bisa memperoleh  nutrisinya.

Berdasarkan hal tersebut maka media tanam perlu diperhatikan secara seksama. Pasalnya, tanpa persiapan media baik, justru menjadikan pertumbuhan serta perkembangan tanaman durian jadi lebih terhambat.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk media tanam.

  • Campurkan satu polybag tanah dan 0,5 kg pupuk nasa dengan merata.
  • Semprotkan satu gelas air mineral dari poc nasa ke tangki, lalu semprot rata ke semua bagian polybag. Ulangi sampai memenuhi dosis 10 kg/ha atau bids 100 polybag
  • Selalu pastikan bahwa suhu udaranya sudah sesuai pada kebutuhan pertumbuhan dari biji, buah durian yakni 20 sampai 3 derajat celcius
  • Tanam biji di posisi tertelungkup dengan jarak antar kira-kira biji 2 cm membujur serta 4-5 cm melintang.
  • Setelah biji ditanam dalam tanah, tutup kotak menggunakan bahan plastik supaya selalu terjaga kelembabannya.
  • Sekitar 2 hingga 3 minggu, biji mengeluarkan akar. Saat masa tersebut plastik polybag bisa dibuka sehingga bibit dapat dipindahkan ke lahan yang lebih lapang.

Cara Memindah Tanam Bibit Durian

Sebelum Anda memindah tanam dari bibit durian, alangkah baiknya dipilih bibit durian dengan kondisi yang sehat serta memiliki pertumbuhan bagus.

biji durian
arabnews.com

Bibit yang akan dipindah sebaiknya juga tumbuh setinggi 75 cm sampai 150 cm dan usianya 7 hingga 9 bulan. Berikut langkah lengkapnya:

1. Persiapan Lahan

  • Sebelum bibit durian akan dipindahkan, siapkan terlebih dahulu lahan untuk tanaman. Bersihkan lahan tanam dari beberapa hal seperti bebatuan serta tanaman liar. Kemudian bentuk dengan mencangkul tanah sedalam 30 cm sampai gembur.
  • Jika sudah campur tanah dan pasir yang ukurannya 1 x 2 meter, lalu tambahkan poc nasa Organic menggunakan dosis 0,5 Kg/lubang tanam.
  • Semprotkan satu gelas air mineral POC nasa untuk satu tangki secara merata, menggunakan dosis 10 kg per 100 pohon per Ha.

2. Penanaman

  • Jika lahan siap maka cara menanam pohon durian yang selanjutnya adalah bibit durian ditanam pada jarak tanam kisaran 8 x 8 m. Cara penanamannya yakni dengan membuat lubang berkedalam 30 cm, jika kemudian masukkan bibit kemudian tutup dengan tanah.
  • Siram menggunakan 500 ml atau setara 2 gelas Pupuk Organik Cair Nasa untuk Spesialis Tanaman Buah per satu tangki, kemudian semprotkan secara merata pada semua bagian tanaman. Lakukan, sampai memenuhi dosis 5 liter per ha per 100 pohon.

3. Pemupukan Durian

Jangan pernah Anda meremehkan pentingnya pemupukan pada pohon buah durian. Sebab, tanpa adanya cara pemupukan yang tepat, maka nantinya cara budidaya dari durian yang akan Anda lakukan jadi tidak bisa maksimal.

Pemupukan di tanaman durian dapat dilakukan sebanyak 3 kali pasca masa tanam. Pemupukan pertama dapat dilakukan ketika umur 0-2 tahun, 2-4 tahun, serta umur 4 tahun. Pemberian pupuk Nasa Organik bisa meningkatkan hasil panen.

Di atas tadi adalah beberapa cara menanam durian dengan menggunakan biji yang dipindahkan ke lahan. Hasil panen buah durian akan lebih maksimal jika setelah proses tersebut Anda merawatnya dengan cara yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *