Cara Menanam Bunga Melati

Bunga melati adalah salah satu tanaman bunga yang biasa ditanam untuk hiasan, tanaman ini memiliki ciri utama yaitu pada bagian batangnya tegak dan bisa hidup bertahun-tahun. Melati termasuk tanaman semak dan tumbuh merambat, melati juga memiliki aroma yang khas.

Di Indonesia sendiri, bunga melati dijadikan sebagai simbol nasional dan jenis melati yang dijadikan simbol itu adalah jenis melati putih atau nama latinnya Jasminum sambac. Salah satu alasan melati putih dijadikan simbol bangsa karena makna yang terkandung didalamnya yaitu murni dan suci.

Bunga melati memiliki kandungan terhadap harapan Indonesia agar bisa menjadi sebuah bangsa yang murni dan tulus dengan adanya keberagaman budaya, harapan lainnya juga adalah sebagai bentuk semangat untuk mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

Sedangkan di negara lain seperti Italia, bunga melati jenis melati casablanca atau seringkali disebut dengan Spanish Jasmine seringkali dijadikan salah satu bahan baku sebuah parfum, mungkin karena bunga melati sangat khas dengan wanginya yang semerbak.

Ciri Khusus Bunga Melati

Ciri khusus sebenarnya mudah kita kenali, diantaranya:

  • Tanaman bunga melati termasuk tanaman merambat namun lebih cenderung tidak beraturan dan terjurai. Bagian batangnya berbentuk bulat dan berkayu dengan tinggi sekitar 3 meter. Batangnya juga memiliki warna cokelat bercabang
  • Bagian akar tanaman ini juga tunggang dan sulit untuk dipatahkan dan tidak memiliki serat
  • Tanaman bunga melati mudah ditemukan di daerah yang memiliki
  • Tanaman ini juga memiliki daun berjenis tunggal, bagian tangkai daunnya pendek dan memiliki ukuran kisaran 5mm serta letak daunnya berhadapan. Daun tanaman ini juga berbentuk bulat, bagian tulangnya menyirip dan memiliki ukuran 5-10 cm x 4-6 cm
  • Tanaman ini tumbuh bunganya di sekitaran ketiak daun dan hanya tumbuh 3 bunga. Satu bunga melati memiliki kisaran 4-9 kelopak bunga. Melati juga memiliki benang sari sebanyak dua yang dapat mengacungkan filamen yang sangat pendek
  • Ukuran bunga melati biasanya bisa mencapai 2,5 cm dengan warna bunga putih lilin. Bagian mahkota bunganya memiliki bentuk lembaran mengerut, mirip terompet serta bunganya berbau wangi. Bunga melati dikenal dengan aroma yang semerbak wangi.
  • Ragam Jenis Bunga Melati

Dibawah ini ada beberapa ragam jenis bunga melati yang tersebut di seluruh dunia, diantaranya:

1. Bunga Melati Gambir

Jenis pertama adalah bunga melati gambir atau dalam bahasa latin disebut dengan Jasminum Officinale. Bunga ini biasanya tumbuh sampai dengan 6 meter atau bahkan bisa lebih, melati jenis ini tidak membutuhkan banyak air.

2. Bunga Melati Musim Dingin

Kedua ada bunga melati musim dingin atau disebut dengan Jasminum Nudiflorum jika dalam bahasa latin. Melati ini dikenal juga dengan nama melati kuning. Tidak hanya sebutan melati kuning, di beberapa negara melati jenis ini juga seringkali disebut sebagai bunga melati dari Saint Joseph.

3. Bunga Melati Putih

Bunga jenis ini yang dijadikan sebagai simbol nasional Indonesia yaitu bunga melati putih atau nama lainnya adalah Jasminum Sambac. Melati ini berasal dari daratan Asia Selatan. Bunga melati jenis ini termasuk salah satu dari tiga bunga nasional di Indonesia.

Tidak hanya Indonesia, bunga melati putih juga dijadikan bunga nasional oleh negara Filipina, bunga melati putih dapat tumbuh dengan sehat di pekarangan dan bisa dijadikan sebagai tanaman pagar, bunga ini juga dapat tumbuh sampai dengan 2 meter.

Sebenarnya masih ada jenis bunga melati lainnya seperti melati primrose, melati pot, melati italia, melati raja, melati australia dan jenis melati lainnya. Kurang lebih jenis melati yang sudah teridentifikasi ada 200 jenis, namun hanya 9 jenis saja yang umum dibudidayakan.

Cara Menanam Bunga Melati

cara menanam bunga melati
artmaki.su

Agar bunga melati tumbuh subur dan sehat, Anda harus tahu cara menanam bunga melati. Seperti apa? Langkah pertama Anda perlu menyiapkan bibitnya dengan cara stek pada bagian batangnya. Detail langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Gunakan batang berdiameter sedang
  • Potong dengan panjang 12 cm
  • Tancapkan batang tersebut ke polybag atau pot yang sudah diisi tanah dan pasir
  • Tutup bibit tersebut dengan menggunakan plastik transparan
  • Siram selama 1-2 kali dalam sehari
  • Setelah beberapa minggu akan tumbuh tunas baru dan tunas tersebut bisa dimasukan ke pot yang lebih besar.

Menanam Tunas Bunga Melati

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan pot berukuran besar
  • Di dasar pot berikan potongan genteng dan masukan media tanam campuran pasir dan pupuk organik, perbandingannya 1:1
  • Isi pot dengan tunas muda lalu tutup kembali dengan media tanam sampai pot tersebut penuh.
  • Cara Perawatan Bunga Melati

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada banyak jenis bunga melati yang umum dibudidayakan. Tapi, pada dasarnya bunga melati ini bisa tumbuh tanpa adanya perawatan yang khusus. Sehingga perawatan bunga ini tidak sulit, hanya saja membutuhkan perhatian yang cukup.

Tanaman bunga melati jenis apapun sangat menyukai tempat yang teduh dari sinar matahari dengan drainasenya yang baik serta tanah yang subur. Tinggi dari tanaman ini juga bisa Anda atur dengan mudah dimulai dari pemangkasan.

Jika Anda menanam bunga melati didalam pot, maka Anda perlu memberikan tanaman ini pupuk selama dua kali dalam setahun. Wangi semerbak akan tercium untuk melati yang sedang tumbuh.

Manfaat Bunga Melati

Bunga melati memiliki beragam manfaat diantaranya:

  • Bunga tabur
  • Bahan minyak wangi
  • Bahan kosmetik
  • Bahan farmasi
  • Hiasan untuk rangkaian bunga
  • Bisa dijadikan teh yang harum dan enak.

Tidak hanya bunganya saja, daun sampai ekstrak akarnya bisa dimanfaatkan untuk beragam pemanfaatan obat herbal. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menanam bunga melati?

Leave a Comment