Hama Wereng

jenis hama wereng padi

Hama wereng adalah hama yang sering menyerang tanaman padi, hama jenis ini adalah hama yang paling berbahaya dan menyebabkan kerugian. Selain menghisap cairan tanaman padi, hama ini juga sekaligus menyebarkan virus yang bisa menyebabkan tanaman terinfeksi tungro.

Sekarang ini, banyak tanaman padi di Indonesia sedang mengalami serangan wereng coklat. Hal ini banyak terjadi di daerah Jawa Timur dan beberapa daerah lainnya.

Ganasnya serangan hama ini yang kemudian menjadikan para petani harus memutar otak bagaimana cara membasminya.

Memang, kerap kali mereka menggunakan pestisida sebagai salah satu cara penanganannya.

Akan tetapi, Anda juga tidak boleh terlalu bergantung dengan pestisida, sebab masih banyak cara lain yang bisa mematikan dan memutus rantai kehidupan wereng. Diantaranya adalah:

1. Menggunakan Varietas yang Unggul

Untuk menekan adanya serangan hama wereng pada tanaman padi Anda, sejak awal pilihlah varietas yang memiliki kualitas baik. Jika dulu varietas unggul yang terkenal adalah IR64, IR72, Ciherang dan masih banyak lagi.

Lain halnya dengan saat ini yang sudah banyak sekali bermunculan varietas unggul terbaru. Varietas yang baru ini juga tahan terhadap wereng, yakni Inpari 4, Inpari 21, Inpari 30 dan sebagainya.

2. Pergiliran Varietas Setiap Musim

Ketika melakukan budidaya tanaman padi, sebaiknya Anda jangan hanya terfokus pada satu jenis varietas saja. Anda perlu mengadakan pergiliran varietas setiap musimnya, dari musim kemarau hingga musim penghujan.

Baca Juga: Benih Padi

Misalnya musim ini Anda menanam varietas Ciherang, maka untuk musim selanjutnya Anda bisa menggantinya dengan varietas lain. hal ini ternyata juga berpengaruh loh guna meminimalisir hama.

3. Menggunakan Agen Hayati

Agar Anda bisa mengendalikan serangan hama, bisa juga dengan menggunakan agen hayati. Misalnya saja menggunakan jenis jamur Beauveria bassiana, dengan jamur ini Anda bisa menginfeksi hama supaya tidak terus berkembang dan bisa mematikannya.

hama wereng

Penggunaan jamur jenis ini juga telah terbukti cukup efektif untuk mengatasi serangan hama dalam waktu relatif lama.

Karena memang bersifat sebagai agen hayati yang mana bisa hidup secara terus menerus demi menjaga tanaman padi dari hama.

Adapun cara penggunaannya adalah Anda harus terlebih dahulu membeli biang Beauveria bassiana.

Anda bisa mendapatkannya di toko-toko pertanian dan kemudian dibiakkan dulu lalu dicampur dengan air bersih dan selanjutnya sudah bisa disemprotkan pada tanaman padi.

Waktu yang disarankan untuk dilakukan penyemprotan adalah ketika sore hari. Atau jika tidak setelah terjadi hujan, sebab jamur ini sensitif terhadap sengatan matahari.

4. Menanam Refugia

Pengendalian hama wereng dengan cara hayati ini misalnya adalah menanam tanaman refugia di areal persawahan.

Adanya tanaman ini berperan sebagai mikrohabitat dari musuh alami dengan jenis predator, misalnya paedorus fuscifes, laba-laba dan lain-lain.

5. Atur Penggunaan Pestisida dengan Bijaksana

Cara kelima agar tanaman padi Anda terhindar dari hama ini adalah dengan menggunakan pestisida. Akan tetapi, dalam penggunaan pestisida ada banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan.

Mulai dari masalah dosis pemakaiannya hingga di bagian mana Anda harus menyemprotkan.

Sebaiknya jangan gunakan dosis tinggi terlebih jika Anda menggunakan piretroid sintetik karena akan memicu ledakan populasi, gunakanlah dosis yang sesuai aturan pakai.

Sedangkan untuk penyemprotannya, bisa Anda tempatkan di bagian batang tanaman yang terserang hama.

Agar tidak salah dalam memilih pestisida, berikut beberapa jenis merek dagang pestisida yang paling baik kinerjanya. Terutama dalam hal melakukan perlawanan terhadap hama, yakni:

  • Bahan aktif: Imidakloprid atau yang biasa dijual dengan merek Confidor, Dagger, Imidor dan sebagainya. Jenis ini masih bisa bekerja secara ampuh melawan hama wereng sampai saat ini.
  • Bahan aktif BBMC. Bahan ini biasa terdapat di merek dagang seperti Bassa, Hopsin, Baycarb, Dharmabas, dll. Harga jualnya juga terbilang cukup terjangkau, tetapi jumlah penggunaannya harus dalam jumlah yang besar yakni kurang lebih 2 hingga 4 ml.
  • Bahan aktif Fipronil. Jenis ini biasa dikenal di pasaran dengan merek Regent.
  • Bahan aktif Klorantraniliprol dan Tiametoksam. Di pasaran lebih dikenal dengan nama Virtako.
  • Bahan aktif Buprofezin yang biasa terdapat di beberapa merek seperti Applaud 100EC, Applaud 10WP, Buprosida 100EC, Nimbus 25WP dan masih banyak lagi.
  • Insektisida organik yang bisa Anda buat sendiri dirumah menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar Anda dan mudah didapatkan. Misalnya saja menggunakan daun sirsak, akar dlingo atau bisa juga menggunakan bawang putih.

Hama wereng coklat tidak memiliki tempat hidup atau inang selain tanaman padi, sehingga jika padi tidak ada maka secara otomatis hama ini juga tidak bisa bertahan hidup.

Ini juga yang menjadi salah satu alasan pemerintah menggalakkan program tanam padi serentak. Sehingga dengan begitu bisa memutus rantai pertumbuhan dan perkembangan hama.

Selain itu, dengan adanya gerakan tanam serentak juga diharapkan bisa meminimalisir terjadinya tumpang tindih generasi hama, sehingga populasi dari wereng tidak bisa berkembangbiak secara terus menerus.

Jika akan melakukan tanam serentak, hendaknya lakukanlah dalam lahan yang luas atau minimal dalam satu petak tersier dengan waktu selisih tanam paling lama dalam dua minggu.

Serta selisih waktu panennya paling lama adalah dalam empat minggu.

Maka dari itu, pemilihan varietas padinya paling tidak harus memiliki umur yang hampir sama.

Cara semacam ini juga harus didukung dengan adanya tenaga kerja yang memadai baik ketika pengolahan lahan maupun saat panen.

Selain itu, pengaturan airnya juga harus diatur dengan ketat oleh para petani hingga mencapai panen nantinya.

Setelah itu pengaturan mengenai kebijaksanaan harga juga harus diserentakkan saat panen tiba. Dengan begitu, tidak akan ada petani yang merasa dirugikan, terutama masalah perbedaan harga.

Nah, itulah cara mengatasi hama wereng yang menyerang tanaman padi Anda. Anda bisa memilih mana metode yang paling pas dan paling efektif digunakan untuk padi Anda. Tentunya sesuaikan juga dengan keadaan dan kondisi sekitar.

Tags:

Leave a Reply