Bunga Sepatu

Bunga sepatu menjadi salah satu penghias rumah yang cantik dipandang mata. Bunga satu ini sangat mudah tumbuh di iklim Indonesia, sehingga tek terlalu sulit untuk menanam dan merawatnya. Jika Anda ingin mencobanya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Kembang Sepatu

Julukan rose mallow biasa disematkan pada kembang sepatu. Setidaknya terdapat 35 jenis spesies dalam kembang satu ini. Beberapa variannya banyak ditemukan di Amerika bagian Tenggara, terutama di Florida.

1. Scarlett Rose Mallow

Untuk jenis Scarlett Rose Mallow, tingginya bisa mencapai 1 meter hingga 2,5 meter. Banyak orang menyebutnya sepatu bunga rawa.

Hal ini dikarenakan habitat hidupnya berada pada kawasan yang agak basah seperti rawa. Meski demikian, jenis ini tetap bisa hidup di lahan kering.

2. Bunga Sepatu Tangguh

Kembang sepatu tangguh biasanya bisa bertahan pada suhu yang ekstrem, salah satu contohnya adalah Rose Sharon.

Umumnya warna dari bunga spesies ini adalah merah muda, putih, dan ungu. Variasi warnanya tak kalah saing dengan jenis spesies kembang Sepatu yang lainnya.

3. Kembang Sepatu Tropis

Jenis kembang Sepatu satu ini, memiliki bentuk daun dan mahkota yang tak jauh berbeda dengan tanaman di Florida dan Louisiana bagian selatan.

Umumnya, pertumbuhannya karena dikawinkan silang dengan spesies lainnya, sehingga tampak berbeda dengan jenis kembang Sepatu lainnya.

4. Kembang Sepatu Tahunan

Meski nama yang disematkan adalah kembang Sepatu Tahunan, bukan berarti pertumbuhannya  hanya sekali dalam setahun. Tanaman ini adalah jenis kelompok bunga tropis yang akan tumbuh tahunan sekali ketika berada di iklim yang lebih rendah.

Kembang Sepatu Tahunan dapat tumbuh di bulan-bulan hangat, musim semi, dan musim panas.

Salah satu spesiesnya yakni kembang Sepatu China dan kembang sepatu berdaun merah. Semakin baik pertumbuhannya, mahkota daunnya pun terlihat semakin lebar dan besar.

5. Checkered Hibiscus

Daun kembang Sepatu ini umumnya berwarna hijau tua dan terlihat mengkilap dan mewah. Untuk warna intinya antara merah muda, merah tuam dan krem.

Tipe ini membutuhkan tanah yang kering dibandingkan tanah yang lembab. Umumnya, panjang tanamannya sekitar 10 cm.

Cara Menanam Kembang Sepatu dalam Pot

Cara menanam bunga sepatu
pinterest.com

Meski kembang sepatu termasuk jenis yang kuat, Anda tetap harus bisa menentukan waktu terbaik untuk melakukan penanaman.

Tanaman satu ini tak bisa hidup bila cuaca terlalu dingin. Suhu terbaiknya yakni berada dalam jangkauan 15-32 derajat celcius.

Bagaimana cara memulai untuk menanamnya?

  1. Siapkan media tanam berupa pot
  2. Isi pot untuk menanam dengan campuran tanah dan pupuk rendah fosfor, tinggi kalium. Hal ini dikarenakan bunga sepatu lebih menyukai tanah yang asam. Bila pH tanah cenderung basa, Anda bisa tambahkan tanah gambut dari lumut dan sejenisnya.
  3. Tanam benih kembang sepatu dengan melubangi media tanam sekitar 1-2 cm. Tutup kembali dengan tanah, kemudian siram perlahan.

Cara Perawatan Kembang Sepatu yang Benar

Setelah selesai penanaman, kini masuk pada tahapan perawatan. Terdapat beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan ketika merawat kembang cantik satu ini.

  • Penyiraman dan Pemupukan

Kembang sepatu akan mati jika kondisi tanahnya terlalu kering. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa tanah untuk bertumbuh tetap basah setiap hari.

Anda dapat tambahkan pupuk kompos atau NPK secara berkala untuk menutrisi dan mempercepat pertumbuhannya.

  • Pengendalian hama

Hampir semua tanaman memiliki masalah yang sama dengan hama dan gulma, tak terkecuali pada bunga Sepatu. Jika Anda dapati bintik-bintik di dalam mahkotanya, segera semprot tanaman dengan insektisida.

Bila didapati rumput liar di sekitarnya, jangan tunda untuk mencabutnya. Ada baiknya bila tambahkan mulsa untuk mengurangi pertumbuhan rumput liar.

Terlalu banyak rumput liar akan menghalangi jalannya nutrisi untuk kembang Sepatu tumbuh maksimal.

  • Pemangkasan

Proses pemangkasan harus dilakukan untuk menjaga tanaman agar tetap rapi dan sedap dipandang. Selain itu, pemangkasan pada ranting dan dahan akan membuat pertumbuhan bunga yang lebih banyak.

Khasiat Kembang Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan

Adapun beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dari kembang cantik satu ini yakni sebagai berikut.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition, penderita tekanan darah tinggi bisa menurunkan kadar tekanan darahnya setelah konsumsi kembang Sepatu secara rutin selama 6 minggu.

Penurunan bisa mencapai pada angka sistolik dan diastolik 7,57 mmHG dan 3,53 mmHG.

  • Menurunkan Lemak Darah dalam Tubuh

Salah satu faktor risiko penyakit jantung karena menumpuknya lemak darah dalam tubuh. Hal ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi daun kembang sepatu dalam bentuk teh.

Tak hanya berguna untuk menurunkan lemak darah, teh kembang sepatu juga baik untuk diabetes.

Penelitian yang digagas dan ditulis dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2015 menjelaskan bahwa ada dampak baik dari konsumsi kembang sepatu secara rutin.

Kadar HDL akan meningkat, kolesterol akan menurun.

Dengan fakta positif satu ini, tentu akan memperbaiki kinerja hati dalam memproduksi protein, hingga memecah lemak.

Jika dikonsumsi rutin selama 12 minggu, maka steatosis hati akan membaik seiring berjalannya waktu.

Steatosis merupakan kondisi ketika penumpukan lemak di hati semakin besar. risiko yang mungkin dialami penderitanya yakni gagal hati. Maka, Anda bisa mencoba konsumsi bunga satu ini untuk pencegahannya.

Tak hanya banyak jenisnya, rupanya bunga sepatu juga banyak khasiatnya.

Bunga ini tak hanya bermanfaat sebagai ‘vitamin mata’ di halaman rumah, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan. Apakah kamu jadi terinspirasi untuk menanam kembang sepatu hari ini?

Leave a Comment