Bunga Anthurium

Jika Anda termasuk penggemar tanaman hias, tentu Anda sudah familiar dengan bunga Anturium, bukan? Ya, diantara beragam jenis tanaman hias, bunga Anthurium termasuk salah satu yang populer selain keladi hias, aglaonema dan lainnya.

Bahkan, karena kecantikannya, Anturium juga disebut dengan nama bunga flamingo lily. Nama yang cukup unik, bukan?

Nah, bunga Anturium juga termasuk bunga yang cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Hal ini dikarenakan ukuran bunga ini tidak terlalu besar sehingga tidak memerlukan space yang banyak. Oleh karenanya, Anturium juga termasuk jenis bunga yang digunakan sebagai tambahan dekorasi.

Hanya saja, ketika menanam Anturium di rumah, tentu Anda harus memperhatikan bagaimana cara merawat bunga ini.

Dengan mengetahui cara perawatannya, tentu bunga Anturium yang ada di rumah Anda akan senantiasa tumbuh sehat tanpa adanya masalah.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara untuk merawat Anturium dengan mudah serta manfaat dari bunga ini. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Cara Merawat Bunga Anthurium di Rumah

Perawatan pada bunga Anturium menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar bunga cantik ini bisa tumbuh dengan baik dan tidak mati karena beberapa sebab.

Hal ini tentu cukup beralasan mengingat harga Anturium sebenarnya juga cukup tinggi.

Nah, berbincang tentang perawatan untuk bunga Anturium, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi melakukan perawatan yang tepat. Adapun beberapa hal penting terkait perawatan Anturium adalah sebagai berikut:

1. Suhu

Pengaturan suhu adalah hal yang harus diperhatikan ketika Anda menanam Anturium di rumah. Dalam hal ini, bunga Anturium cenderung menyukai suhu ruang sekitar 18 hingga 23 derajat celcius.

Perlu diketahui bahwa detail suhu nantinya akan cukup berpengaruh pada daun Anturium.

Suhu ruang yang terlalu rendah nantinya bisa membuat daun Anturium cenderung menguning dan tentu saja pertumbuhan daun serta bunga akan menjadi terhambat.

2. Cahaya

Cahaya juga menjadi faktor penting terkait perawatan pada bunga Anturium tersebut. Bunga yang satu ini menyukai cahaya sehingga ia memerlukan tempat dengan pencahayaan yang baik.

Hanya saja, Anturium tidak boleh ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Hal ini dikarenakan sinar matahari langsung tersebut rawan membuat daun Anturium menjadi lebih cepat kering dan tanaman bunga ini bisa saja mati.

3. Penyiraman

Sebagaimana tanaman hias lainnya, penyiraman adalah hal yang penting dilakukan untuk perawatan tanaman hias.

Nah, untuk perawatan Anturium, Anda sebaiknya menjaga media tanam bunga ini tetap lembab dengan melakukan penyiraman yang cukup selama dua hari sekali.

4. Tanah

Agar Anturium bisa tumbuh dengan subur tanpa adanya masalah, maka Anda harus memilih tanah yang tepat.

Untuk bunga ini, tanah drainase yang berasal dari campuran lumut, gambut dan perlit adalah salah satu yang terbaik. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko tanaman hias.

5. Pot

Anturium bisa ditempatkan di pot karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Hanya saja ketika pot cenderung sudah tidak cukup karena ukuran bunga yang bertambah besar, Anda harus melakukan penggantian pot.

Tentu, penggantian pot ini penting agar akar Anturium bisa mencari nutrisi untuk pertumbuhan batang, bunga dan daun.

Beberapa hal di atas merupakan apa yang harus Anda pahami terkait perawatan pada bunga Anturium yang Anda tanam di rumah. Sebagai tambahan, atur kelembapan Anturium dengan baik.

Semprot tanaman Anturium secara berkala untuk menjaganya agar senantiasa lembap serta jangan membiarkannya mengering terlalu lama.

Manfaat Menanam Bunga Anthurium di Rumah

Terkait bunga Anturium, ada beberapa manfaat dari bunga ini yang perlu diketahui.

Tentu, pengetahuan tentang manfaat Anturium nantinya akan menjadi tambahan alasan kenapa Anda perlu menanam bunga ini di rumah.

Adapun beberapa manfaat dari bunga Anturium diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Suasana Hati

Anturium adalah salah satu bunga yang bisa digunakan untuk meningkatkan suasana hati. Hal ini dikarenakan bunga ini memiliki warna yang cenderung cerah dan cantik.

Detail warna Anturium secara psikologis akan membuat seseorang mendapatkan ketenangan dan semangat yang baru untuk memulai aktivitas mereka.

Tidak hanya itu, Anturium juga bisa menurunkan ketegangan dan menjadi penenang ketika merasa lelah. Hal ini dikarenakan Anturium memiliki daun yang lebar yang begitu indah dan bisa mempengaruhi perasaan.

  • Menyaring Udara

Manfaat lain dari Anturium adalah menyaring udara. Tidak dimungkiri memang jika tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap udara kotor yang ada di dalam ruangan sehingga membuat udara di dalam ruangan Anda secara alami lebih bersih.

Tentu, dengan udara yang lebih bersih, kesehatan anggota keluarga di rumah nantinya juga akan cenderung lebih terjaga. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Anturium cukup penting ditempatkan di dalam ruangan.

  • Mengobati Bengkak Pada Mulut

Selain keindahannya yang bisa memberikan ketenangan, Anturium juga bisa dijadikan obat alami untuk mengobati bengkak yang terjadi pada mulut.

Hal ini dikarenakan pada bagian daun, bunga ini memiliki senyawa yang nantinya mampu meredakan nyeri dan mengatasi bengkak dengan cukup efektif.

Cara penggunaan Anturium sebagai obat pun cenderung mudah. Anda hanya perlu merebus daun Anturium dan meminum air rebusannya secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Beberapa manfaat Anturium di atas tentu sangat menarik karena selain kecantikannya, ada kegunaan lain dari bunga ini.

Sebagai tambahan, konon bunga Anthurium juga bisa dijadikan opsi obat alami alternatif untuk mengatasi masalah diabetes dan ginjal. Hanya saja, belum ada penelitian ilmiah terkait manfaat yang satu ini.

Leave a Comment