Budidaya Tanaman Nanas

Budidaya Tanaman Nanas

Nanas merupakan salah satu tanaman kering yang banyak menyimpan air di dalamnya. Tumbuhan yang memiliki nama latin Ananas comosus termasuk dalam tanaman CAM. Tanaman nanas membuka stomata ketika malam hari dan menutup stomata ketika siang hari.

Pada sel mesofil nanas, dia mampu menyimpan asam organik yang dibuat dalam vakuola saat malam hari sampai pagi hari.

Nanas ini adalah tumbuhan yang tidak perlu atau terlalu sering disiram, jadi Anda tidak perluĀ  repot-repot menyiramnya setiap hari.

Klasifikasi Tanaman Nanas

Di Indonesia ini nanas cukup banyak dibudidayakan. Kabupaten Subang merupakan salah satu daerah penghasil nanas terbesar di Nusantara.

Nanas hanya bisa hidup di musim-musim tertentu saja, yaitu pada musim kering dalam waktu satu tahun. Berikut ini adalah klasifikasi tanaman nanas:

  • Kingdom (Kerajaan) : Plantae
  • Sub Kingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Division (Divisi) : Magnoliophyta
  • Class (Kelas) : Liliopsida
  • Sub Kelas : Commelinidae
  • Ordo : Bromeliales
  • Famili : Bromeliaceae
  • Genus : Ananas
  • Spesies : Ananas comosus (L.) Merr.

Ciri-Ciri Tanaman Nanas

Nanas memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan tanaman lainya. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri morfologi tanaman nanas:

  • Nanas mempunyai 2 jenis akar, yaitu akar tanah dan akar samping. Akar tumbuhan nanas termasuk jenis akar serabut, tumbuh dari batang dan berkembang masuk dalam ruang antar batang serta daun.
  • Batang pada nanas bukan cuma tempat untuk menyimpan air saja, melainkan juga tempat untuk meletakan bunga, daun, tunas, dan buah. Batang nanas ini sekitar 20-30 cm, sering tidak terlihat karena pendek, tertutup tangkai dan buah.
  • Daun pada tumbuhan nanas ini berbentuk seperti pita yang panjangnya mencapai 130-150 cm. Bentuk daun nanas ini spiral dengan mengelilingi batang sampai batangnya tidak terlihat.
  • Pada tumbuhan ini bunganya memiliki rangkaian majemuk di ujung batangnya. Bunga nanas bersifat hermafrodit atau sempurna karena dalam satu bunga ada putik dan benang sarinya. Bunga pada tumbuhan ini mencapai 100-200 kuntum bunga.
  • Nanas memiliki buah majemuk yang merupakan gabungan dari 100-200 kuntung bunga. Bentuk dari buah nanas ini bulat memanjang, dan memiliki mata buah yang merupakan bekas putik dari bunga nanas.

Manfaat Nanas

budidaya nanas
coloringcity.net

Setelah mengetahui ciri-ciri buah nanas, selanjutnya Anda juga perlu tahu apa saja kegunaan atau manfaat buah nanas ini bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat tanaman nanas untuk kesehatan:

1. Menjaga Ketahanan Tubuh

Terdapat enzim bromelain yang terkandung dalam nanas, enzim ini dapat menjaga tubuh dari serangan mikroorganisme.

Dalam nanas terdapat enzim yang memiliki efek anti-inflamasi, exim ini membantu tubuh untuk bisa memiliki daya tahan yang lebih baik.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Enzim bromelain juga bisa mematikan sel kanker. Dalam buah nanas ini kaya akan serat yang berguna dalam pertumbuhan bakteri baik dalam usus manusia.

Karena bakteri baik inilah usus jadi bisa mencegah inflamasi dan ulserasi.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Alasan kenapa luka sulit sumber salah satunya adalah karena inflamasi dan infeksi bakteri di sekitar luka.

Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan efek anti inflamasi dan peningkatan daya tahan tubuh manusia dengan enzim bromelain.

Nah enzim ini bisa Anda dapatkan dari buah nanas. Anda bisa ekstrak buah nanas kemudian oleskan hasilnya ke permukaan yang sedang terluka.

4. Mencegah Katarak

Selain enzim bromerlain, nanas juga mengandung banyak vitamin C tinggi untuk menjaga fungsi mata tetap baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C bisa menurunkan risiko lensa mata jadi buram karena katarak yang bisa mengganggu penglihatan.

5. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Dalam buah nanas terkandung vitamin B, C, tembaga, asam folat dan zinc. Semua nutrisi tersebut bisa menjaga fungsi dari organ reproduksi.

Nutrisi ini dapat menjaga keseimbangan hormon yang membuat organ reproduksi bisa berfungsi dengan optimal dalam menghasilkan sel telur dan sperma. (Sumber: hallosehat.com)

Cara Budidaya Tanaman Nanas

cara memilih bibit nanas
Samudrabibit.com

Cara menanam nanas tidak sulit, jika Anda ingin membudidayakan nanas namun masih bingung caranya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Berikut adalah cara menanam nanas:

  1. Pembibitan. Langkah pertama Anda harus melakukan pembibitan dari tanaman nanas yang sehat dan bebas dari penyakit. Proses pembibitan ini bisa dilakukan dengan cara generatif atau vegetatif.
  2. Penyiapan Lahan. Setelah menentukan bibit, selanjutnya siapkan lahan di awal musim hujan bersamaan dengan dilakukannya penyemaian. Ini dilakukan supaya proses pembibitan dan penyemaian bisa selesai dalam waktu yang bersamaan.
  3. Penanaman. Setelah bibit siap dan lahan juga sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman bibit. Penanaman dilakukan sampai 3-5 cm pangkal batang tertimbun tanah. Jangan lupa padatkan tanah supaya tidak roboh.
  4. Pemeliharaan. Setelah bibit nanas tertanam, selanjutnya lakukan pemeliharaan terhadap bibit tersebut sampai siap dipanen. Pemeliharaan ini meliputi penyiraman, penyulaman, penggemburan, penyiangan, pemupukan, dan pengendalian hama.

Demikianlah penjelasan tentang tanaman nanas yang meliputi klasifikasi, ciri-ciri, manfaat, dan cara membudidayakannya.

Jika Anda tertarik dengan buah nanas ini, Anda bisa mulai coba membudidayakannya dengan menggunakan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *