Beuveria Bassiana Nasa

Mungkin sebagian orang lebih mengenal dengan jamur yang sering menginfeksi manusia sehingga menimbulkan beberapa penyakit. Namun, ternyata jamur tidak hanya menginfeksi manusia saja namun juga bisa menginfeksi serangga.

Salah satu jamur yang menginfeksi serangga adalah Beuveria Bassiana. Jamur tersebut dapat menyebabkan penyakit pada serangga. Jenis jamur yang satu ini adalah cendawan entomopatogen. Dia bersifat saprofit atau bisa menghasilkan makanannya sendiri. Oleh karena itulah, jamu ini menjadi parasit serta mengambil nutrisi dari inang yang ditempelinya.

Hampir semua serangga dapat terinfeksi jamur Beuveria Bassiana ini. Jamur tersebut akan masuk ke dalam tubuh inang serangga melalui saluran pencernaan, kulit, spirakel serta lubang lainnya. Inokulum jamur akan menempel pada tubuh serangga inang, yang kemudian inokulum tersebut akan berkecambah lalu kemudian berkembang menjadi tabung kecambah. Nah, setelah itu masuk ke dalam dengan cara menembus kulit tubuh.

Proses penembusan tersebut dilakukan dengan dua cara yakni secara mekanis dan kimiawi dengan mengeluarkan toksin atau enzim. Jika jamur sudah berhasil masuk ke dalam tubuh, maka jamur tersebut akan berkembang di dalam tubuh serangga inang.

Jika sudah demikian, seluruh jaringan tubuh serangga akan diserang yang membuat serangga tersebut mati. Miselia dari jamur tersebut akan menembus ke luar tubuh serangga, kemudian tumbuh menutupi seluruh bagian tubuh inang serta memproduksi konidia.

Cara Kerja Beuveria Bassiana

Beuveria Bassiana nasa
hiddenforest.co.nz

Cara kerja dari jamur Beuveria Bassiana juga terbilang cukup cepat. Hanya dalam hitungan hari saja, serangga yang terserang jamur tersebut akan mati. Tubuh dari serangga tersebut akan mengeras layaknya mumi. Sekujur tubuh serangga juga akan dipenuhi jamur berwarna putih.

Karena cara kerjanya yang cepat dan efektif, jamur ini banyak digunakan dalam bidang pertanian untuk membasmi berbagai macam serangga yang mengganggu. Jamur satu ini sangat ampuh untuk membasmi berbagai macam serangga seperti hama penggerek batang, walang sangit, hama wereng coklat dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan jamur ini untuk membasmi serangga yang mengganggu tanaman, ternyata Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal mempersiapkan beberapa alat dan melakukan beberapa hal di bawah ini.

Cara Mendapatkan Jamur Beuveria Bassiana

Cara Mendapatkan Jamur Beuveria Bassiana
Beuveria Bassiana

Alat yang dibutuhkan:

  • Kain hitam
  • Ayakan
  • Cangkul
  • Toples ukuran 1 kilogram.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Tanah lembab yang ada di sekitar pohon pisang
  • Ulat hongkong/larva T. molitor.

Cara untuk membuat isolat:

  1. Pertama, bersihkan dan cangkul permukaan tanah yang ada di sekitar pohon pisang sedalam 0-5 cm
  2. Ambil tanah sekitar 500 gram dari lapisan sedalam 5-20 cm dari permukaan tanah, tanah pada horizon ini diperkirakan memiliki kandungan inokulum Beuveria Bassiana yang cukup banyak
  3. Setelah itu, ayaklah tanah untuk menghilangkan kerikil dan sampah yang ada di dalamnya. Masukkan tanah yang telah diayak ke dalam toples. Jangan padatkan tanah yang dimasukkan ke dalam toples, hal ini agar ulat dapat bebas bergerak di dalamnya. Pastikan pula bahwa kelembaban tanah tidak berkurang
  4. Lalu, masukkan ulat hongkong ke dalamnya. Tutup toples dengan menggunakan kain hitam dan diamkan selama 3-4 hari lamanya. Setelah itu, keluarkan ulat dari tanah. Maka, pada hari ke 6-7 akan akan terlihat jamur Beuveria Bassiana  di permukaan kulit ulat. Jamur tersebut berwarna putih
  5. Ulat ini digunakan sebagai isolat jamur.

Jika Anda sudah berhasil mendapatkan isolatnya, maka langkah selanjutnya ialah membuat pestisida. Caranya ialah sebagai berikut:

Alat dan bahan:

  • Isolat jamur Beuveria Bassiana
  • 1 kg beras giling atau jagung giling
  • Air bersih
  • Alkohol 75%
  • Panci dandang
  • Kawat atau sendok kecil spatula
  • Staples
  • Lima buah lilin
  • 10 buah plastik ¼ kg dengan ketebalan 0,4
  • Baskom peniris
  • Ember kecil.

Cara membuat pestisida:

  1. Pertama, cuci bersih beras kemudian rendam selama 24 jam
  2. Tiriskan beras hingga kering
  3. Masukkan beras ke dalam plastik, masing-masing dengan berat 100 gram
  4. Lipat ujung plastik agar beras tidak keluar
  5. Kukus beras selama 1,5-2 jam
  6. Jika sudah dingin, angkat beras dari kukusan panci
  7. Letakkan lilin di meja dengan bentuk setengah lingkaran lalu nyalakan
  8. Masukkan sendok spatula atau kawat ke dalam alkohol 75%, lalu bakar di salah satu lilin
  9. Jika kawat sudah agak dingin, ambil sedikit isolate kemudian masukkan ke dalam beras
  10. Lipat ujung plastik lalu staples
  11. Diamkan dalam suhu kamar selama 7-14 hari
  12. Apabila sudah tumbuh miselium yang berwarna putih, maka jamur Beuveria Bassiana siap untuk digunakan.

Mudah bukan cara membuat Beuveria Bassiana ini untuk membasmi hama serangga? Selain efektif untuk membunuh serangga, membuat jamur tersebut pun tidak butuh banyak biaya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!